5 Makanan yang Bikin Darah Tinggi Makin Parah, Segera Hindari!

- Sabtu, 23 Januari 2021 | 13:33 WIB
Permen, salah satu makanan yang harus dihindari penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi karena memicu serangan jantung dan stroke. (Pixabay)
Permen, salah satu makanan yang harus dihindari penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi karena memicu serangan jantung dan stroke. (Pixabay)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Jika tidak diatasi darah tinggi bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah jantung maupun stroke. Karena itu pola makan harus diperhatikan karena ada 5 makanan yang membuat masalah darah tinggi atau hipertensi semakin parah.

Dilansir melalui HHDResearch.org, di Amerika Serikat (AS) saja ada sekitar 75 juta orang mengidap tekanan darah tinggi, namun mereka tidak mengetahuinya. Meski menakutkan, tekanan darah tinggi sebenarnya bisa dikelola dengan perubahan pola makan dan gaya hidup sehat.

Orang yang terdiagnosis hipertensi janganlah berputus asa. Ada banyak cara untuk bisa melawan penyakit yang satu ini, salah satunya menjaga pola makan. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa dihindari.

5 Kebiasaan yang Tingkatkan Tekanan Darah Tinggi, Sering Dilakukan?

6 Buah Penurun Darah Tinggi yang Perlu Dikonsumsi

4 Jenis Makanan Pantangan bagi Penderita Darah Tinggi

 
  • Garam dan Gula

Garam dan gula menjadi faktor utama penyebab hipertensi. Duo penyedap ini bukan tak boleh dimakan, hanya saja jumlahnya harus dikurangi. Secara umum mereka yang sehat tidak boleh mengonsumsi lebih dari 2300 miligram sodium per hari.

Kemudian gula, tubuh memang memerlukannya. Namun sumber gula yang paling disarankan, yakni dari buah-buahan. The American Heart Association merekomendasikan asupan gula tambahan tidak lebih dari 37,5 gram atau sembilan sendok teh bagi pria, dan 25 gram atau enam sendok teh untuk wanita per harinya.

  • Sayuran Kaleng

Sayuran kaleng khususnya kacang-kacangan tinggi sodium. Jumlah sodium menjadi tinggi karena digunakan untuk memperpanjang usia kacang. Sebaiknya, belilah kacang yang dijual kering kemudian dimasak sehingga jauh lebih sehat.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Video Syur Gabriella Larasati: Malu Ketemu Orang

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:48 WIB

Mengenal Puber Kedua, Ini Penjelasan Berdasarkan Medis

Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:59 WIB

Cara Mengecilkan Pinggang Secara Sederhana

Senin, 18 Oktober 2021 | 21:07 WIB

Bacaan Niat Puasa Pengganti, Simak Tata Caranya

Minggu, 17 Oktober 2021 | 08:47 WIB

Stres dan Depresi Dapat Sembuh dengan Olahraga Rutin

Minggu, 17 Oktober 2021 | 07:35 WIB

Bacaan Niat Tayamum, Lengkap dengan Arti dan Syaratnya

Minggu, 17 Oktober 2021 | 07:19 WIB

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Mudah

Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:54 WIB

Awas! Sering Jerawatan, Tanda Bahwa Tubuh Penuh Racun

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:24 WIB
X