2 Cara Mengecek Makanan Kemasan Korea Bebas dari Daging Babi Jika Tidak Ada Logo Halal

- Rabu, 24 November 2021 | 12:02 WIB
Ilustrasi makanan kemasan Korea. ( sq lim on Unsplash)
Ilustrasi makanan kemasan Korea. ( sq lim on Unsplash)


SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Sedikitnya ada dua cara untuk mengecek apakah makanan kemasan Korea mengandung daging babi atau tidak, saat tidak ada logo halal.

Di Indonesia, sesuai peraturan Kepala BPOM Nomor 12 Tahun 2016, pangan olahan yang mengandung bahan tertentu yang berasal dari babi harus mencantumkan tanda khusus berupa tulisan "MENGANDUNG BABI". Tidak hanya itu, makanan kemasan Korea juga harus mencantumkan gambar babi berwarna merah dalam kotak berwarna merah di atas dasar warna putih.

Tapi bagaimana saat kamu berada di luar negeri, dimana tidak ada logo halal dalam makanan kemasan Korea tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Ucapan Hari Guru Nasional 2021 yang Mudah dan Praktis dengan Canva

Cara termudah adalah dengan mengecek komposisi makanan.

Pastikan tidak ada kata 돼지 고기 (dwaeji gogi) yang artinya daging babi di bagian belakang kemasan. Jeomsim ID menyarankan untuk membaca secara seksama komposisi dalam bahasa aslinya, jangan hanya mengandalkan bahasa Inggris atau Indonesia. Sebab, tidak semua komposisi makanan itu dialihbahasakan untuk kemasan versi impor. Bila ingin membeli di luar negeri, pastikan baca baik-baik komposisi jika tidak berlabel halal.

Tidak hanya daging babi, pastikan tidak ada bahan 돈지 (donji) alias lemak babi dan alkohol. Untuk produk seperti kue, pastikan tidak ada bahan gelatin dari babi.

Baca Juga: 2 Link Live Stremaing untuk meyaksikan Aksi Jojo, Ginting, dan Praveen/Melati di Indonesia Open 2021

Cara lainnya adalah dengan memindai menggunakan aplikasi Halal Korea

Ada aplikasi cek halal bernama Halal Korea yang bisa memastikan apakah makanan kemasan Korea tersebut mengandung komposisi yang aman dikonsumsi muslim atau sebaliknya. Fitur scan dalam aplikasi tersebut memudahkan pengguna untuk memindai barcode di makanan kemasan keluaran Korea Selatan.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Gunakan Fitur WhatsApp Reaksi Pesan di Android

Minggu, 21 November 2021 | 14:15 WIB
X