Waspadai 7 Penyakit yang Sering Muncul Saat Musim Hujan, Salah Satunya Bisa Fatal

- Selasa, 14 September 2021 | 17:13 WIB
Ilustrasi hujan lebat saat cuaca ekstrem. (Pixabay/PublicDomainPictures)
Ilustrasi hujan lebat saat cuaca ekstrem. (Pixabay/PublicDomainPictures)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Sebagian wilayah di Indonesia sudah mulai turun hujan. Bahkan beberapa daerah di Jawa Barat mengalami kebanjiran.

Hujan yang berlangsung terus-menerus membuat udara menjadi lebih lembap dan memudahkan kuman penyebab penyakit, baik virus, bakteri, parasit, dan jamur, untuk berkembang biak di berbagai tempat.

Oleh sebab itu waspadalah terhadap berbagai penyakit yang sering muncul saat musim hujan Berikut ini adalah berbagai jenis penyakit yang sering muncul saat banjir dan musim hujan dikutip daro alodokter.

1. Flu
Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit ini disebabkan oleh virus influenza dan dapat menyebar melalui dahak, ingus, atau air liur yang dikeluarkan saat penderita flu batuk atau bersin.

Seseorang yang terkena flu biasanya akan menunjukkan beberapa gejala, seperti demam, batuk, pegal-pegal, dan sakit tenggorokan. Flu sering kali bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi virus influenza terkadang bisa menimbulkan komplikasi berupa pneumonia.

2. Demam berdarah dengue
Demam berdarah dengue atau DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dan disebarkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus.

Jenis nyamuk ini mudah berkembang biak di genangan air, terutama wadah atau tempat penampungan air. Hal inilah yang menyebabkan kasus DBD sering kali terjadi selama musim penghujan.

Penderita DBD dapat merasakan gejala berupa nyeri otot dan tulang, demam, sakit kepala, serta muncul bintik merah di kulit. Jika tidak segera ditangani, penyakit yang sering muncul di saat banjir ini berisiko menimbulkan komplikasi seperti syok dan perdarahan.

3. Malaria
Malaria merupakan penyakit akibat infeksi parasit Plasmodium yang menular melalui gigitan nyamuk Anopheles. Sama seperti nyamuk Aedes aegypti, jenis nyamuk ini juga mudah berkembang selama musim hujan. Inilah yang membuat malaria menjadi endemik di daerah dengan curah hujan tinggi, termasuk Indonesia.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tata Cara Sholat Istikharah dan Doa Setelahnya

Sabtu, 25 September 2021 | 15:39 WIB

Cara Membersihkan Organ Intim Wanita Setelah Bercinta

Kamis, 23 September 2021 | 19:40 WIB

Tidur Telanjang, Membahayakan atau Menyehatkan ?

Rabu, 22 September 2021 | 19:27 WIB

Kenali Gejala Asam Urat di Tangan dan Kaki

Rabu, 22 September 2021 | 13:57 WIB

5 Profesi di Dunia Penerbangan yang Perlu Anda Ketahui

Selasa, 21 September 2021 | 17:04 WIB

Prospek Kerja Content Writer Diprediksi Akan Cerah

Selasa, 21 September 2021 | 08:01 WIB

3 Obat Alami Asam Lambung yang Bisa Didapatkan di Rumah

Senin, 20 September 2021 | 18:26 WIB

Adab Memasang Teks Arab Atau Al-Quran di Kendaraan

Senin, 20 September 2021 | 18:08 WIB
X