2 Waktu Terbaik untuk Minum Susu, Pagi atau Malam ?

- Selasa, 14 September 2021 | 07:18 WIB
Susu almond dapat dikenali dari tekstur seperti krim yang lembut dengan rasa kacang yang khas. Susu almond pun kini semakin banyak digemari karena rasanya yang lezat dan rendah kalori dibandingkan susu sapi.  (Freepik)
Susu almond dapat dikenali dari tekstur seperti krim yang lembut dengan rasa kacang yang khas. Susu almond pun kini semakin banyak digemari karena rasanya yang lezat dan rendah kalori dibandingkan susu sapi. (Freepik)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Banyak orang meyakini waktu terbaik untuk minum susu adalah di pagi hari. Tetapi tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa minum susu lebih tepat dilakukan saat malam hari. Bagaimana faktanya?

Menurut alodokter, Susu mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Selain kaya akan kalsium dan mineral yang baik bagi kesehatan tulang, susu juga mengandung protein yang bermanfaat untuk pembentukan otot dan menjaga daya tahan tubuh.

Ini Waktu Terbaik untuk Minum Susu

Untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, susu tak hanya harus dikonsumsi dalam jumlah tepat, tapi juga perlu diminum di waktu yang tepat. Sebuah penelitian menyatakan, minum susu bebas lemak di pagi hari dapat membuat Anda merasa lebih kenyang, sehingga Anda tidak akan makan berlebihan di siang harinya.

Akan tetapi, ada juga penelitian lain yang menyebutkan bahwa minum susu di malam hari bisa membantu seseorang lebih tenang, sehingga tidurnya akan lebih lelap. Lalu, kapan waktu yang paling baik untuk minum susu?

Sebenarnya, tidak ada waktu khusus atau waktu yang paling baik untuk minum susu. Susu baik untuk dikonsumsi di pagi hari maupun malam hari. Jika Anda memiliki tujuan khusus, misalnya untuk menurunkan berat badan atau meningkatkan masa otot, ada dua waktu minum susu yang dianjurkan, yaitu:

Setelah makan

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, minum susu setelah makan dipercaya merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, susu merupakan salah satu sumber protein. Protein dapat memperbaiki metabolisme dan membuat Anda merasa kenyang setelah makan.

Setelah berolahraga

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum susu setelah olahraga baik untuk meningkatkan pembentukan masa otot dan mengurangi kadar lemak di dalam tubuh.

Namun, perlu diingat, tetap konsumsi susu sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan, ya. Jika susu dikonsumsi secara berlebihan, jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh juga akan meningkat dan akhirnya justru memicu pertambahan berat badan.

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tata Cara Sholat Istikharah dan Doa Setelahnya

Sabtu, 25 September 2021 | 15:39 WIB

Cara Membersihkan Organ Intim Wanita Setelah Bercinta

Kamis, 23 September 2021 | 19:40 WIB

Tidur Telanjang, Membahayakan atau Menyehatkan ?

Rabu, 22 September 2021 | 19:27 WIB

Kenali Gejala Asam Urat di Tangan dan Kaki

Rabu, 22 September 2021 | 13:57 WIB

5 Profesi di Dunia Penerbangan yang Perlu Anda Ketahui

Selasa, 21 September 2021 | 17:04 WIB

Prospek Kerja Content Writer Diprediksi Akan Cerah

Selasa, 21 September 2021 | 08:01 WIB

3 Obat Alami Asam Lambung yang Bisa Didapatkan di Rumah

Senin, 20 September 2021 | 18:26 WIB

Adab Memasang Teks Arab Atau Al-Quran di Kendaraan

Senin, 20 September 2021 | 18:08 WIB
X