6 Jenis Penyakit yang Menyerang Lambung, Gejalanya Kembung, Mual, Muntah dan Nyeri di Ulu Hati

- Senin, 13 September 2021 | 18:58 WIB
Ilustrasi seseorang mengalami sakit lambung.  ( Towfiqu barbhuiya on Unsplash)
Ilustrasi seseorang mengalami sakit lambung. ( Towfiqu barbhuiya on Unsplash)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Memiliki peranan yang sangat penting untuk menyimpan dan memecah makanan atau minuman, membuat kesehatan lambung perlu dijaga. Jika tidak, maka fungsi lambung tidak akan berjalan normal, dan bisa mengundang beragam penyakit lambung.

Mengutip alodokter.com, jika fungsi lambung mengalami gangguan, biasanya seseorang akan merasakan beberapa gejala seperti kembung, mual, muntah, nyeri pada bagian ulu hati, dan nyeri perut atas yang muncul setelah mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.

6 Jenis Penyakit Lambung  

Kondisi yang seperti ini tentu dapat sangat mengganggu aktivitas dan rutinitas harian Anda. Oleh karena itu, jagalah kesehatan lambung Anda agar terhindar dari macam-macam penyakit berikut ini

1. Gastritis

Gastritis merupakan peradangan pada lambung akibat asam lambung yang merusak lapisan pelindung dinding lambung. Gastritis dapat melukai dinding lambung jika lapisan lambung sudah terkikis habis terkena asam lambung, sehingga menimbulkan nyeri lambung, pendarahan, dan tukak lambung. Beberapa penyebab gastritis yaitu berlebihan mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol atau kafein, mengalami stres, efek samping obat seperti ibuprofen atau aspirin, bahkan infeksi atau gangguan autoimun.

Gastritis terkadang tidak menimbulkan gejala apa pun. Tapi, sebagian orang dapat mengalami gejala seperti mudah merasa kenyang, perut terasa sakit, muntah, dan mual.

2. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

GERD atau dikenal dengan istilah penyakit refluks asam lambung adalah kondisi di mana asam lambung beserta isi lambung naik ke esofagus atau kerongkongan, hingga menimbulkan iritasi pada dinding esofagus dan nyeri ulu hati. Kondisi ini membuat penderitanya merasa kembung, terasa asam di rongga mulut akibat asam lambung yang naik, bagian dada serta tenggorokan terasa nyeri dan tersumbat, cegukan, bersendawa, batuk kering, hingga sulit untuk menelan makanan.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Artikel Terkait

Terkini

Tata Cara Sholat Istikharah dan Doa Setelahnya

Sabtu, 25 September 2021 | 15:39 WIB

Cara Membersihkan Organ Intim Wanita Setelah Bercinta

Kamis, 23 September 2021 | 19:40 WIB

Tidur Telanjang, Membahayakan atau Menyehatkan ?

Rabu, 22 September 2021 | 19:27 WIB

Kenali Gejala Asam Urat di Tangan dan Kaki

Rabu, 22 September 2021 | 13:57 WIB

5 Profesi di Dunia Penerbangan yang Perlu Anda Ketahui

Selasa, 21 September 2021 | 17:04 WIB

Prospek Kerja Content Writer Diprediksi Akan Cerah

Selasa, 21 September 2021 | 08:01 WIB

3 Obat Alami Asam Lambung yang Bisa Didapatkan di Rumah

Senin, 20 September 2021 | 18:26 WIB

Adab Memasang Teks Arab Atau Al-Quran di Kendaraan

Senin, 20 September 2021 | 18:08 WIB
X