Warga Kampung Bendera Berharap Penjualan Pernak-pernik Kemerdekaan Tahun Ini Lebih Baik

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 12:49 WIB
Sejinah sedang merapikan dagangan bendera merah putih dan aneka ornamen kemerdekaan di kawasan Wonokromo, Kota Surabaya. Selasa (3/8/2021). (ayosurabaya/Praditya Fauzi Rahman)
Sejinah sedang merapikan dagangan bendera merah putih dan aneka ornamen kemerdekaan di kawasan Wonokromo, Kota Surabaya. Selasa (3/8/2021). (ayosurabaya/Praditya Fauzi Rahman)

WONOKROMO, AYOSURABAYA.COM -- Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, jelang hari kemerdekaan Republik Indonesia warga di Kampung Bendera yang berlokasi di Jalan Darmo Kali mulai sibuk berjualan pernak-pernik kemerdekaan.

Seorang produsen dan penjual, Sejinah, mengatakan kendati masih dalam pandemi Covid-19, konsumennya masih setia memesan pernak-pernik kemerdekaan. Mulai dari yang membeli dalam jumlah eceran sampai borongan. 

Ia mengatakan mayoritas konsumennya berasal dari sejumlah instansi pemerintahan Surabaya, perwakilan kampung seperti RT, RW, Karang Taruna, hingga organisasi masyarakat lainnya. 

“Alhamdulilllah, masih banyak yang cari," kata Sejinah, Selasa (3/7/2021).

Dibandingkan tahun lalu, Sejinah mengatakan penjualan tahun ini mengalami peningkatan. Tahun lalu, sebulan sebelum perayaan tahun misalnya, dagangannya masih menumpuk di gudang. Tapi saat ini, dagangannya sudah mulai laris dibli 

"Sebelum bulan Agustus (sekarang) banyak (pembeli), tahun lalu pas akhir Juli sepi, sekarang beda. 1 Agustus sampai hari ini mulai ramai," ujarnya.

Kendati demikian, Sejinah mengaku sedikit menaikkan harga. Mengingat, harga bahan baku yang diperoleh di pasaran juga meningkat. Meski begitu, peningkatan harga dagangannya tak begitu melejit.

Sejinah menyebutkan, harga setiap bendera berbeda-beda, sesuai bahan dan ukurannya. Kian besar dan 'ciamik' bahannya, harga yang dipatok semakin tinggi. 

"Kalau kainnya biasa, seperti satin agak murah, sekitar Rp 25.000 sampai Rp 45.000," tuturnya.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Jadwal Salat Kota Surabaya 12 Agustus 2021

Kamis, 12 Agustus 2021 | 02:59 WIB

Pasien Covid-19 di RSLT Kota Surabaya Nol

Rabu, 11 Agustus 2021 | 14:55 WIB
X