Terinspirasi Pandemi Covid-19, Warga Bubutan Ciptakan Robot Delta dari Bahan Bekas

- Minggu, 1 Agustus 2021 | 20:13 WIB
Wujud Robot Delta di kawasan RT 3 RW 2 Kelurahan Bubutan, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya, Minggu (1/8/2021). (ayosurabaya/Praditya Fauzi Rahman)
Wujud Robot Delta di kawasan RT 3 RW 2 Kelurahan Bubutan, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya, Minggu (1/8/2021). (ayosurabaya/Praditya Fauzi Rahman)

BUBUTAN, AYOSURABAYA.COM -- Warga di RT.03, RW.02, Kelurahan Bubutan, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya berhasil menciptakan sebuah robot  serbaguna dari bahan bekas. Robot tersebut dinamai 'Delta'.

Wakil RT.03, Anang Dharmawan, mengatakan perakitan hingga pengoperasionalan robot di kampungnya bermula dari kecemasan masyarakat terhadap pandemi Covid-19. Bahkan, menjadi pemecah permasalahan terkait limbah yang ada. Maka dari itu, ia dan warga berupaya memanfaatkan limbah dengan cara yang 'nyentrik' nan kreatif. 

Anang mengaku mempunyai keahlian khusus dalam bidang seni. Oleh karena itu, ketika ia diminta warga dan ketua RT untuk membantu merancang robot tersebut langsung dilakukan tanpa pikir panjang.

Ketika mengetahui karya dan keahliannya sangat dibutuhkan warga, ia langsung turun tangan. Anang lantas membantu merancang robot berbahan aneka barang bekas. Tak sekadar menjadikan robot sebagai pajangan yang layak, melainkan berguna bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

AYO BACA : 5 Tips Hubungan Intim untuk Pasangan Baru Menikah

"Desainnya kalem, warna putih seperti perempuan, awalnya dibuat sebagai robot waiters (pramusaji)," kata Anang, Minggu (1/8/2021).

Anang mengaku tak hanya sekali ini membuat robot. Sebelumnya, ia juga telah melakukan hal serupa, namun untuk berbeda fungsi.

"Berbeda dengan 2 robot sebelumnya yang warnanya mencolok," ujarnya.

Anang menyebutkan, karyanya bersama warga tak hanya robot Delta saja. Ia mengklaim, kampungnya juga mempunyai 2 robot yang memiliki fungsi yang berbeda.
2 robot yang dimaksud memiliki tugas sebagai edukasi dan pembersih. Tujuannya pun sama, untuk membantu kegiatan sosial dalam mengedukasi, membersihkan, dan meminimalisasi penyebaran Covid-19 di kampungnya.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Jadwal Salat Kota Surabaya 12 Agustus 2021

Kamis, 12 Agustus 2021 | 02:59 WIB

Pasien Covid-19 di RSLT Kota Surabaya Nol

Rabu, 11 Agustus 2021 | 14:55 WIB
X