Modus Penipuan Plasma Darah Konvalesen dan Cara Mendapatkannya secara Resmi

- Rabu, 28 Juli 2021 | 16:49 WIB
Modus Penipuan Plasma Darah Konvalesen dan Cara Mendapatkannya secara Resmi. (Ayobandung.com)
Modus Penipuan Plasma Darah Konvalesen dan Cara Mendapatkannya secara Resmi. (Ayobandung.com)

GENTENG, AYOSURABAYA.COM – Modus penipuan jual beli plasma darah konvalesen di tengah pandemi harus diketahui.

Sekretaris PMI Jatim, dr Edi Purwinarto mengatakan, pihaknya menerima laporan penipuan dari Sidoarjo.

Menurutnya, orang yang membutuhkan plasma konvalesen diminta untuk transfer uang. Ketika dikirim, ternyata tak ada pendonornya.

"Terakhir ini ada informasi ternyata (donor darah konvalesen) menjadi ajang bisnis. Inilah yang barangkali menyimpang dari misi kemanusiaan. Ada terjadi yang kita terima, ada penipuan sudah ditransfer terus kemudian pendonor tidak ada," kata Edi, Rabu (28/7/2021).

Edi berpesan kepada masyarakat, bagi yang membutuhkan plasma darah konvalesen, langsung menuju atau menghubungi UDD PMI. Dengan begitu, penipuan serupa bisa dicegah dan tak terulang kembali.

"Saya berharap pada masyarakat yang membutuhkan melalui RS, terus ke UDD, biar aman," ujarnya.

Perihal prosedur permintaan plasma konvalesen, Edi mengatakan, yang meminta wajib dari RS dan tidak bisa perorangan. Bila ada permintaan dari dokter, wajib menuliskan nama pasien, sampel darah, hingga golongan darah yang dibutuhkan.

"Dari RS atau dokter yang bertanggung jawab wajib minta ke PMI. Individu tidak bisa minta langsung, harus RS," tuturnya.

"Misalnya, dari keluarga pendonor, maka dibawa ke UDD, karena di UDD akan diambil sampel dulu, nggak bisa langsung donor. Sampling paling cepat 2 hari masuk di lab, sebaiknya minta langsung PMI. Ketentuannya untuk mengajukan harus lewat dokter penanggung jawab pasien, langsung saja minta ke PMI, jangan gitu caranya," katanya.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Jadwal Salat Kota Surabaya 12 Agustus 2021

Kamis, 12 Agustus 2021 | 02:59 WIB

Pasien Covid-19 di RSLT Kota Surabaya Nol

Rabu, 11 Agustus 2021 | 14:55 WIB
X