Dampak Pagebluk, Produsen Seragam Sekolah di Surabaya Rumahkan Pekerjanya

- Minggu, 25 Juli 2021 | 15:04 WIB
Salah seorang pekerja di rumah produksi Watik sedang menjahit seragam sekolah. (ayosurabaya/Praditya Fauzi Rahman)
Salah seorang pekerja di rumah produksi Watik sedang menjahit seragam sekolah. (ayosurabaya/Praditya Fauzi Rahman)

KREMBANGAN, AYOSURABAYA.COM -- Produsen seragam sekolah di Surabaya, Watik Syahroni, mengajak ayosurabaya ke ruang produksinya untuk melihat dampak pandemi yang memaksanya harus merumahkan sejumlah karyawannya.

Wanita 55 tahun itu lantas menunjukan setumpuk kain dan seragam sekolah jenjang SD, SMP, hingga SMA yang merupakan orderan dari para konsumennya yang terbengkalai.

Produsen seragam asal Krembangan, Kota Surabaya itu mengaku miris dengan kondisi pandemi Covid-19. Selain menurunkan omset secara drastis, otomatis Watik harus merumahkan belasan karyawannya yang berasal dari sejumlah daerah di Jatim.

"Niki numpuk katah (seragam sekolah), dereng dilunasi sedanten. Lare-lare totale 15, sakmeniko namung 6 tiyang mawon ingkang ngrencangi kulo (Ini menumpuk banyak, belum dilunasi semua. Pekerja totalnya 15, sekarang hanya 6 orang saja yang bantu saya)," kata Watik kepada AyoSurabaya.com, Minggu (25/7/2021).

AYO BACA : Cara Minum Air Putih yang Dianjurkan untuk Turunkan Berat Badan

Watik mengaku terpaksa mengurangi sebagian karyawannya. Mengingat, menurunnya pendapatan dan jumlah pesanan tak sebanding dengan upah yang harus diberikan kepada para pekerjanya.

Meski begitu, Watik mengaku tetap meladeni pesanan dalam jumlah kecil. Namun, durasi proses pembuatan tak secepat ketika para pekerjanya lengkap.

"Sakmeniko mboten mesti, kadang nggih kirang, dados nggih radi alon produksine (Sekarang ya nggak pasti bisa kurang dari itu, jadi agak lambat ya produksinya)," ujarnya.

Watik mengaku sudah jenuh menanti-nanti kebijakan pemerintah dalam menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) kembali. Ia mengaku berupaya secara maksimal untuk menyiasati sepi orderan melalui peluang lain.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Jadwal Salat Kota Surabaya 12 Agustus 2021

Kamis, 12 Agustus 2021 | 02:59 WIB

Pasien Covid-19 di RSLT Kota Surabaya Nol

Rabu, 11 Agustus 2021 | 14:55 WIB
X