WBP Lapas Kelas I Surabaya Jalani Vaksinasi Covid-19 Perdana

- Jumat, 16 Juli 2021 | 08:50 WIB
Dok. Humas KumHAM Jatim
Dok. Humas KumHAM Jatim

GENTENG, AYOSURABAYA.COM - Pemerintah telah menggelontorkan sejumlah dosis vaksin untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 di Republik Indonesia (RI). Sasarannya pun seluruh elemen masyarakat, namun diprioritaskan terlebih dulu bagi pelayan publik, nakes, guru, hingga lansia.

Lantas, bagaimana dengan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana yang tengah menghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) atau Rumah Tahanan (Rutan)?

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Jawa Timur (Kanwil KemenkumHAM Jatim), Krismono mengatakan, pihaknya juga turut serta mendukung pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19, terutama penyebaran dan penularan Covid-19 dalam Lapas di Jatim. Salah satu Lapas yang telah menjalani vaksinasi Covid-19 adalag Lapas Kelas I Surabaya.

Krismono menuturkan, pihaknya telah mempercepat pelaksanaan pemberian vaksinasi pada sejumlah WBP pada Kamis (15/7/2021) kemarin. Dalam vaksinasi itu, pihaknya memberikan dosis pertama bagi setiap WBP di masing-masing blok.

"Percepatan distribusi vaksin ini dilakukan setelah Dokter Latubaya Sehat dan Pejabat Struktural melakukan sosialisasi kedalam blok," kata Krismono melalui keterangan tertulis, Jumat 16 Juli 2021. 

Krismono menjelaskan, berkat sosialisasi yang dilakukan pada Selasa 13 Juli 2021 lalu, WBP bersemangat untuk mendapatkan pemberian vaksin di aula terbuka pujasera. Menurutnya, jenis vaksin yang diberikan adalah jenis Sinovac.

Dalam pelaksanaannya, petugas memilah dan memilih WBP sesuai prokes, agar tak terjadi kerumunan di salam Lapas. "Pemberian vaksin ini sudah berlangsung dari Minggu 11 Juli 2021 kemarin," ujarnya.

Mekanisme penyuntikan vaksin Covid-19 dalam sedari pekan lalu, dibagi menjadi 3 gelombang. Jumat hari ini adalah gelombang ke-6 yang diikuti blok A wing 4,5 dan blok B wing 3,4,5.

"Vaksin yang diberikan ini gratis dan menurut WBP yang sudah divaksin hanya menimbulkan efek samping lapar dan kantuk," tuturnya.

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Terkini

Jadwal Salat Kota Surabaya 12 Agustus 2021

Kamis, 12 Agustus 2021 | 02:59 WIB

Pasien Covid-19 di RSLT Kota Surabaya Nol

Rabu, 11 Agustus 2021 | 14:55 WIB
X