Jumlah RT Zona Merah di Surabaya Per 14 Juli 2021 Melonjak Tajam

- Jumat, 16 Juli 2021 | 06:54 WIB
Ilustrasi - Jumlah RT Zona Merah di Surabaya Per 14 Juli 2021 mengalami lonjakan tajam. (Kavin Faza)
Ilustrasi - Jumlah RT Zona Merah di Surabaya Per 14 Juli 2021 mengalami lonjakan tajam. (Kavin Faza)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Jumlah RT yang masuk zona merah di Kota Surabaya melonjak tajam.

Merujuk data Surabaya Tanggap COVID-19 yang diakses pada Jumat, 16 Juli 2021, pagi jumlah RT zona merah di Surabaya per 14 Juli sebanyak 295. Sebelumnya   pada 11 Juli, jumlah RT zona merah adalah 138. 

Begitu juga jumlah RT yang masuk Zona Kuning mengalami penambahan drastis dari 667 menjadi 1042. Sementara RT masuk Zona Hijau berjumah 9808.

Zona hijau merupakan kawasan RT yang tidak memiliki kasus Covid-19, Kuning terdapat 1 kasus, dan Merah lebih dari 1 kasus.

Ruang Isolasi di Setiap Kelurahan

Pemerintah Kota Surabaya meminta masing-masing lurah untuk menyiapkan tempat isolasi di masing-masing kelurahan. Fasilitas ini bisa diperoleh dengan memanfaatkan tempat-tempat startegis seperti lapangan atau gedung pertemuan.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi berharap, keberadaan tempat isolasi di masing-masing kelurahan bisa mencegah terjadinya klaster keluarga. Apabila dalam keluarga ada satu orang yang positif, maka mereka dapat segera diisolasi di tempat yang telah disediakan. "Dan dipantau oleh pemerintah kota atau Puskesmas," kata Eri.

Eri mengaku sengaja menyiapkan tempat isolasi di masing-masing kelurahan. Hal ini karena Puskesmas acap kesulitan mengawasi warga yang tengah isolasi mandiri di rumah. Selain itu, rumah tidak layak juga dapat menimbulkan penularan dalam keluarga.

Di samping itu, juga ada keluarga yang tidak mau diarahkan isolasi di tempat khusus yang disediakan. Oleh sebab itu, Eri berharap keada pengurus RT/RW dapat membantu dalam melakukan pendekatan atau memberikan pemahaman kepada masing-masing warganya. Pendekatan ini penting dilakukan agar warga yang melakukan isolasi murni dari keinginannya sendiri.

"Sebab, bagaimanapun juga kondisi psikis warga yang melakukan isolasi mandiri ini pasti akan berpengaruh," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Jadwal Salat Kota Surabaya 12 Agustus 2021

Kamis, 12 Agustus 2021 | 02:59 WIB

Pasien Covid-19 di RSLT Kota Surabaya Nol

Rabu, 11 Agustus 2021 | 14:55 WIB
X