BMKG Imbau Warga Surabaya Waspada Banjir Rob Dalam 3 Hari Kedepan

- Kamis, 8 Juli 2021 | 19:53 WIB
Dok. BMKG Tanjung Perak Surabaya
Dok. BMKG Tanjung Perak Surabaya

TANJUNG PERAK, AYOSURABAYA.COM - Prakirawan Stasiun Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Klas II Maritim Tanjung Perak Surabaya, Muhammad Arif Wiyono mengatakan, adanya fase bulan baru mengakibatkan terjadinya pasang maksimum air laut di pesisir Jawa Timur (Jatim). Akibatnya, berpotensi pada banjir rob di beberapa kawasan di Jatim.

Maka dari itu, Arif mengimbau masyarakat untuk mewaspadai fenomena tersebut. "Waspadai fenomena pasang maksimum air laut yang berpotensi mengakibatkan banjir rob," kata Arif melalui keterangan tertulis, Kamis 8 Juli 2021. 

Arif menyatakan, potensi banjir rob diperkirakan terjadi pada tanggal 9 sampai 12 Juli 2021 mendatang. Prakiraannya, banjir rob berlangsung sedari pukul 09.00 sampai 12.00 WIB. "Terjadi pada tanggal 9 hingga 12 Juli 2021," ujarnya.

Arif menuturkan, banjir rob tersebut bisa mencapai ketinggian antara 130 sampai 150 centimeter dari permukaan laut. Terutama di wilayah pesisir pantai.

Dampak lainnnya, mempengaruhi atau mengganggu transportasi di kawasan pelabuhan. Selain itu, aktivitas petani garam, perikanan darat, hingga kegiatan bongkar muat di pelabuhan dan pesisir juga terkena imbasnya.
  
"Diimbau selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang air laut maksimum, memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," tuturnya.

Inilah kawasan pesisir yang diperkirakan dilanda pasang air laut maksimum karena banjir rob di Jatim:
1. Pesisir Sidoarjo
2. Pesisir Pasuruan 
3. Pesisir Pamekasan
4. Pesisir Kalianget
5. Kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan sekitarnya
6. Surabaya Timur
7. Surabaya Barat

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Terkini

Jadwal Salat Kota Surabaya 12 Agustus 2021

Kamis, 12 Agustus 2021 | 02:59 WIB

Pasien Covid-19 di RSLT Kota Surabaya Nol

Rabu, 11 Agustus 2021 | 14:55 WIB
X