Surabaya Alami Fenomena 'Bediding', Berikut Penjelasan BMKG

- Rabu, 7 Juli 2021 | 22:16 WIB
Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

SIDOARJO, AYOSURABAYA.COM - Dalam beberapa hari terakhir, kondisi suhu di Kota Surabaya terasa lebih dingin dari hari-hari biasanya. Suhu dingin itu dirasakan sedari malam hingga pagi hari. 

Padahal, Indonesia kini memasuki musim kemarau. Bahkan, hal serupa ternyata juga dirasakan beberapa daerah di sekitar Surabaya, seperti Gresik, Sidoarjo, dan sekitarnya. Lantas, fenomena apa sebenarnya yang dialami saat ini di kota pahlawan?

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Klas I Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto mengatakan, hal tersebut dinilai wajar. Menurutnya, hal serupa selalu atau rutin dialami setiap tahun dan disebut sebagai 'Bediding'.

"Bediding adalah kondisi di mana pada malam hingga pagi hari terasa lebih dingin dari biasanya," kata Teguh melalui keterangan tertulis, Rabu 7 Juli 2021. 

Teguh menjelaskan, hal tersebut termasuk wajar dan normal, meskipun terjadi pada musim kemarau. Menurutnya, terjadi pada musim kemarau ketika tutupan awan sedikit pada malam hari, bahkan tak ada sama sekali.

Bediding sendiri diklaim rutin terjadi di Indonesia dengan durasi sejak Juni sampai Agustus. Siklus energi yang menghangatkan permukaan bumi, pada dasarnya berasal dari gelombang panjang yang dipancarkan Bumi. Apabila kondisi langit sedang berawan, energi yang dihasilkan Bumi ke angkasa, hanya sebagian yang akan terpantul kembali ke Bumi.

"Di langit tidak ada tutupan awan sama sekali, maka energi yang dipancarkan Bumi akan lepas ke angkasa tanpa ada yang dipantulkan kembali ke Bumi. Sehingga, suhu udara semakin dingin," tuturnya.

Karena menipisnya lapisan awan di langit, rupanya ada faktor lain yang mempengaruhi suhu dingin. Menurut Teguh, masuknya musim dingin di Australia juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi.

"Sebab lainnya adalah posisi Matahari yang saat ini berada di sisi utara Khatulistiwa," ujarnya.

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Terkini

Jadwal Salat Kota Surabaya 12 Agustus 2021

Kamis, 12 Agustus 2021 | 02:59 WIB

Pasien Covid-19 di RSLT Kota Surabaya Nol

Rabu, 11 Agustus 2021 | 14:55 WIB
X