213 Pasien Covid Masih Antre, RSLI Surabaya Khawatir Nakes Kewalahan

- Senin, 28 Juni 2021 | 15:27 WIB
Ilustrasi tenaga kesehatan (Unsplash)
Ilustrasi tenaga kesehatan (Unsplash)

GENTENG, AYOSURABAYA.COM - Jumlah pasien Covid-19 di RSLI Surabaya terus bertambah. Hingga Senin 28 Juni 2021, jumlah pasien yang tengah dirawat mencapai 358 orang.

Jumlah tersebut terdiri dari 62 pasien Pekerja Migran Indonesia (PMI), 21 asal Madura, hingga 277 pasien mandiri. Di luar pasien tersebut, saat ini tercatat masih ada sebanyak 213 pasien "inden" atau yang mengantre untuk dirawat inap.

Penanggungjawab Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya, Laksamana Pertama TNI dr. I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara memaparkan sepanjang Juni 2021, RSLI telah menerima 854 pasien yang terdiri dari PMI, Bangkalan, sampai pasien umum dari Surabaya dan sekitarnya.

Awal Juni, komposisi pasien didominasi PMI dan Bangkalan. Tetapi, dalam 10 hari terakhir, jumlah pasien dari Surabaya meningkat tajam hingga 63,4% atau meningkat 201 pasien Surabaya dibandingkan total 317 pasien masuk dalam 10 hari terakhir. 

Nalendra menjelaskan, hal tersebut mengindikasikan bawa Covid-19 semakin menyebar luas di Surabaya. Dengan adanya peningkatan kasus tersebut, dia mengaku khawatir dengan kondisi tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas.

Menurutnya, RSLI Surabaya sudah mencapai titik puncak kemampuan merawat. 

"Yang jadi perhatian kami adalah kelelahan kawan-kawan nakes. Kita harus pahami bersama bahwa begitu nakes kelelahan imunnya turun dan akan mudah terinfeksi," ujarnya. 

Nalendra mengimbau, masyarakat lebih taat dan ketat dalam menjalankan prokes. Selain itu, juga meningkatkan imunitas dengan cara makan makanan bergizi, protein, vitamin, buah-buahan, hingga menjaga kebugaran tubuh serta pikiran agar rileks dan tak mudah lelah. 

"Kalau capek, segera istirahat. Mulai sekarang harus sudah mulai menjalankan perubahan perilaku hidup bersih dan sehat dengan kebiasaan baru (new normal)," tuturnya. 

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Terkini

Jadwal Salat Kota Surabaya 12 Agustus 2021

Kamis, 12 Agustus 2021 | 02:59 WIB

Pasien Covid-19 di RSLT Kota Surabaya Nol

Rabu, 11 Agustus 2021 | 14:55 WIB
X