Per 30 Mei, Zona Merah di Surabaya Berkurang dari 3 Menjadi 1 Kelurahan

- Senin, 31 Mei 2021 | 01:14 WIB
Ilustrasi virus corona. (Pixabay )
Ilustrasi virus corona. (Pixabay )

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Data perkembangan peta risiko Covid-19 di Surabaya per Minggu 30 Mei 2021, menunjukkan pengurangan zona merah. Dari semula tiga kini menjadi satu. 

Merujuk data lawancovid-19, kelurahan yang masuk zona merah adalah Kelurahan Barata Jaya, Kecamatan Gubeng. Data sebelumnya pada 28 Mei, kelurahan yang masuk zona merah adalah Ngagelrejo dan Penjaringan Sari.

Dari sumber yang sama diperoleh data yang menyatakan perkembangan peta risiko Covid-19 di Surabaya per Minggu 30 Mei 2021
- 81 kelurahan masuk zona hijau. 
- 68 kelurahan masuk zona kuning.
- 4 kelurahan masuk zona oranye.    

Sebagai catatan data dimutahkirkan setiap saat sehingga datanya bisa berubah. 

Penetapan Zona
Penetapan zona dalam PPKM mikro diatur dalam Instruksi Mendagri Nomor 3 tahun 2021. Pertimbangan kriteria zonasi pengendalian wilayah diberlakukan hingga tingkat rukun tetangga (RT).

Berikut rincian kriteria zona dalam PPKM mikro.

1. Zona Hijau dengan kriteria tidak ada kasus COVID-19 di satu RT, maka skenario pengendalian dilakukan dengan surveilans aktif, seluruh suspek di tes dan pemantauan kasus tetap dilakukan secara rutin dan berkala.

2. Zona Kuning dengan kriteria jika terdapat satu sampai dengan lima rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam satu RT selama tujuh hari terakhir, maka skenario pengendalian adalah menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat, lalu melakukan isolasi mandiri untuk pasien positif dan kontak erat dengan pengawasan ketat.

3. Zona Oranye dengan kriteria jika terdapat  enam sampai dengan sepuluh rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam satu RT selama tujuh hari terakhir, maka skenario pengendalian adalah menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat, lalu melakukan isolasi mandiri untuk pasien positif dan kontak erat dengan pengawasan ketat, serta menutup rumah ibadah, tempat bermain anak dan tempat umum lainnya kecuali sektor esensial.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Jadwal Salat Kota Surabaya 12 Agustus 2021

Kamis, 12 Agustus 2021 | 02:59 WIB
X