Sinau Sejarah dan Bangunan Masjid Rahmat di Kembang Kuning Surabaya

- Senin, 3 Mei 2021 | 04:32 WIB
Gerbang khas Masjid Rahmat di kawasan Kembang Kuning, Kota Surabaya. (ayosurabaya/Praditya Fauzi Rahman)
Gerbang khas Masjid Rahmat di kawasan Kembang Kuning, Kota Surabaya. (ayosurabaya/Praditya Fauzi Rahman)

WONOKROMO, AYOSURABAYA.COM - Sejuk, rindang, nan nyaman, itulah kata yang menggambarkan suasana Masjid Rahmat.

Ketika AyoSurabaya.com mengunjungi masjid yang terletak di kawasan Kembang Kuning, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, jemaah sedang khidmat melakukan salat Ashar dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Selama bulan suci Ramadan 1442 H, masjid tertua di Kota Surabaya itu memang tak pernah sepi dikunjungi umat Islam untuk beribadah. Namun, keramaian kali ini tak bisa seramai tahun-tahun sebelum Pandemi Covid-19 melanda. Tentu ada pembatasan kuota dan mengurangi aktivitas yang bisa mengakibatkan kerumunan.

Meski begitu, masjid megah dengan arsitektur khas Jawa itu merupakan salah satu masjid bersejarah di kota pahlawan.

Ketua Pengurus Yayasan Masjid Rahmat Kembang Kuning Surabaya, Mansyur mengatakan, jauh sebelum zaman kemerdekaan RI, sekitar abad ke-14, wujudnya sama sekali tak semegah sekarang. Menurutnya, masjid tempat Raden Sayyid Ali Rahmatullah atau yang dikenal dengan Raden Rahmat menyebarkan agama Islam di Tanah Surabaya kala itu, dulunya hanya sebuah masjid tiban yang sangat sederhana.

AYO BACA : THR PNS CAIR HARI INI ? Ini Besarannya sesuai Peraturan

"Itu, bisa dilihat sendiri foto lawasnya, masih belum semegah sekarang, dulu atapnya hanya dari bambu dan jerami" kata Mansyur kepada AyoSurabaya.com saat ditemui di ruang sekretariat, Minggu (2/5/2021).

Masjid yang memiliki jejak panjang penuh sejarah itu memiliki 4 pilar penyangga dengan ukuran jumbo. Konon, 4 pilar itu merupakan tiang penyangga masjid tiban.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Jadwal Salat Kota Surabaya 12 Agustus 2021

Kamis, 12 Agustus 2021 | 02:59 WIB

Pasien Covid-19 di RSLT Kota Surabaya Nol

Rabu, 11 Agustus 2021 | 14:55 WIB
X