Polda Jatim Sita 11 Kg Sabu Terbungkus Teh China

- Rabu, 15 Januari 2020 | 19:19 WIB
Polisi menunjukkan barang bukti sabu-sabu yang dikemas dengan bungkus teh China saat merilis kasus itu di Mapolda Jatim di Surabaya, Rabu (15/1/2020). (ANTARA Jatim/Didik Suhartono)
Polisi menunjukkan barang bukti sabu-sabu yang dikemas dengan bungkus teh China saat merilis kasus itu di Mapolda Jatim di Surabaya, Rabu (15/1/2020). (ANTARA Jatim/Didik Suhartono)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Polda Jatim membongkar kasus peredaran narkotika berjenis sabu-sabu.

Dalam pengungkapan tersebut, polisi menangkap seorang tersangka Dio Anggriawan Soebandi (31) yang merupakan warga Kecamatan Sedati, Kabupaten Gresik. Dari tangan tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa narkotika jenis sabu seberat 10,9 kilogram, yang dikemas dalam kemasan produk teh Cina.

"Untuk mengelabuhi petugas, sabu seberat 10,9 kilogram tersebut dibungkus dalam kemasan teh Cina. Semuanya dibungkus rapi dan dimasukan ke dalam ransel," ujar Wadir Resnarkoba Polda Jatim, AKBP Nasriadi saat menggelar konferensi pers di Mapolda Jatim, Surabaya, Kamis (15/1/2020).

AYO BACA : Murid SD Ketahuan Ngelem, Risma Datangi Sekolah

Nasriadi menjelaskan, barang haram tersebut diselundupkan dari Myanmar, menuju Serawak Malaysia, Pontianak, hingga ke Surabaya. Dalam penyelundupan tersebut, DAS merupakan kurir. Barang haram tersebut rencananya dikirim untuk diedarkan di Pulau Madura.

"Jadi barang ini dibawa oleh pelaku estafet, dari Myanmar sampai Surabaya. Dari pengakuan tersangka barang ini rencananya akan dikirimkan ke Pulau Madura dan diedarkan di Surabaya," ujar Nasriadi.

Nasriadi menjelaskan, pengungkapan diawali adanya informasi masyarakat, pada 22 Desember 2019, terkait adanya peredaran narkotika jenis Sabu yang akan diselundupkan ke Surabaya. Selanjutnya, polisi melakukan analisis melalui jaringan komunikasi, dan diketahui barang haram tersebut telah di Jatim. Kemudoan, petugas membuntuti pergerakan tersangka, mulai dari Mojokerto, Jombang, Kediri, Sidoarjo, hingga Surabaya.

AYO BACA : Polda Jatim Bantah Blokir Aplikasi Memiles

"Kemudian benar, saat dibuntuti tujuan akhir teminal 2 Juanda. Kami menangkap tersangka di dalam mobil KIA abu-abu dan barang bukti 10,9 kilogram sabu-sabu di dalam ransel," kata dia.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Terkini

Jadwal Salat Kota Surabaya 12 Agustus 2021

Kamis, 12 Agustus 2021 | 02:59 WIB
X