Jelang Pilkada Surabaya, Pemkot Larang Kampanye di CFD

- Jumat, 20 Desember 2019 | 14:17 WIB
Ilustrasi CFD (infocarfreeday.net)
Ilustrasi CFD (infocarfreeday.net)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Pemkot Surabaya menegaskan kembali masyarakat agar tak melakukan kegiatan yang mengandung SARA dan kampanye politik pada pelaksanaan Car Free Day (CFD).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Agus Eko Supiadi mengatakan CFD bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan hidup sehingga polusi udara bisa terus dicegah.

“Makanya Pemkot Surabaya melarang adanya kegiatan kampanye di CFD supaya warga yang mau berolahraga tidak terganggu,” kata Agus di Surabaya, Kamis (19/12/2019) kemarin.

Agus menegaskan larangan kampanye di CFD itu diatur dalam Perwali Kota Surabaya nomor 17 tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan Wali Kota nomor 1 tahun 2017 tentang penyelenggaraan hari bebas kendaraan bermotor.

AYO BACA : PAN Lirik Ketua TKD Jokowi untuk Pilkada Surabaya

“Unsur politik itu meliputi kampanye pemilihan umum, pawai yang bermuatan politik, penyebaran pamphlet yang bermuatan politik, penampilan gambar atau lukisan yang disebarkan secara umum, atau bentuk lain sesuai ketentuan perundang-undangan,” kata Agus.

Selain itu, larangan kampanye politik di CFD juga berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Surabaya nomor 300/3969/436.8.5/2018 tanggal 7 Mei 2018. Surat edaran itu berisi perintah menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di Hari Bebas Kendaraan Bermotor.

“Dalam surat edaran itu CFD tidak boleh dimanfaatkan untuk kegiatan yang mengandung unsur politik dan SARA. Kemudian tidak boleh dimanfaatkan untuk kegiatan orasi ajakan yang bersifat menghasut dan unjuk rasa,” kata Agus.

Atas dua dasar itulah, lanjut Agus, maka apabila ada warga atau pun komunitas yang melakukan kegiatan yang berbau politik, akan dilakukan pendekatan persuasif. Petugas akan memanggil koordinator acara dan akan meminta untuk dihentikan dan tidak diulangi lagi.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Terkini

Jadwal Salat Kota Surabaya 12 Agustus 2021

Kamis, 12 Agustus 2021 | 02:59 WIB

Pasien Covid-19 di RSLT Kota Surabaya Nol

Rabu, 11 Agustus 2021 | 14:55 WIB
X