4 Pasangan Independen Ramaikan Pilkada Surabaya 2020

- Kamis, 19 Desember 2019 | 21:50 WIB
Ilustrasi Pilkada 2020 (AyoBandung.com)
Ilustrasi Pilkada 2020 (AyoBandung.com)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Empat pasangan bakal calon wali kota Surabaya jalur independen siap memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempay untuk bisa maju dalam Pilkada.

Empat pasangan bakal Cawali Surabaya ini telah meminta akses Silon (Sistem Informasi Pencalonan) Pilkada Surabaya 2020.

"Mereka siap memenuhi persyaratan," kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Surabaya, M. Kholid Asyadulloh di acara media gathering yang digelar di kantor KPU Surabaya, Kamis (19/12/2019).

AYO BACA : Dendam, Pelajar Bunuh Tetangga yang Pernah Perkosa Ibunya

Adapun empat pasang bakal Cawali Surabaya jalur independen yakni Fatchul Muid dan Tatik Effendy, M. Sholeh dan Taufik Hidayat, Samuel Teguh dan Gunawan serta Usman Hakim dan M. Yasin.

Terkait regulasi bagi pasangan dari jalur perseorangan, menurut Kholid tidak ada perbedaan dengan Pilkada Surabaya 2015. "Tidak ada perbedaan regulasi dengan Pilkada 2015. Mereka perlu mengumpulkan bukti fisik dukungan bertanda tangan disertai KTP. Bukti yang sama juga harus diunggah ke silon," ujarnya.

Menurut dia, jumlah dukungan yang harus dikumpulkan pasangan bakal cawali Surabaya independen adalah 138.565 dukungan. KPU Surabaya sendiri akan melakukan dua tahapan verifikasi yakni verifikasi administrasi dan faktual.

AYO BACA : Bisnis Esek-esek di Rumah, Perempuan 50 Tahun Terciduk

"Untuk verifikasi administrasi, kami akan menghitung jumlah dukungannya apakah sesuai atau tidak terus juga sebarannya apakah sudah memenuhi syarat minimal di 16 kecamatan di Surabaya. Kami akan cek juga apakah ada TNI/Polri dan ASN di dukungan itu, karena tidak boleh," ujarnya.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Terkini

Jadwal Salat Kota Surabaya 12 Agustus 2021

Kamis, 12 Agustus 2021 | 02:59 WIB
X