ISO Antisuap Diterapkan PDAM Surya Sembada Surabaya

- Senin, 25 November 2019 | 18:41 WIB
PDAM Surya Sembada Surabaya (Istimewa)
PDAM Surya Sembada Surabaya (Istimewa)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Standar ISO 37001 yang merupakan sistem manajemen antisuap mulai diterapkan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Surabaya.

Sertifikat ISO 37001 itu diserahkan oleh Dirut PDAM Surya Sembada Surabaya Mujiaman Sukirno, kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada perayaan Hari Jadinya yang ke-43, Ahad (24/11/2019) kemarin.

Dirut PDAM Mujiaman Sukirno menjelaskan, dengan diterapkannya ISO 37001 itu, maka proses awal hingga akhir pelayanan di PDAM tidak ada korupsi. Ia mencontohkan pelayanan pasang meter yang dilayani oleh PDAM. Dalam prosesnya, harus melalui tahap-tahap, seperti disurvei, dihitung, dibayar, dilelang, dan dilaksanakan.

"Nah, masing-masing proses itu tentu ada potensi korupsinya, sehingga PDAM menyiapkan sistem dan infrastrukturnya untuk menjamin tidak ada korupsi," kata dia.

AYO BACA : Risma Resmikan Museum Pendidikan Surabaya Pada Hari Guru

Mujiaman menyatakan, pihaknya telah menganalisa, memetakan proses dan resikonya, serta menyiapkan metodenya untuk memastikan potensi korupsi itu tidak ada di PDAM Surya Sembada. "Jadi, kami menjamin dari awal prosesnya hingga akhir, tidak ada korupsi. Dengan adanya ISO ini, karyawan PDAM juga terbebas dari rasa takut. Apalagi kita sudah diaudit lembaga internasional,” ujarnya.

Mujiaman juga menjamin performace PDAM Surya Sembada ke depannya akan terus membaik. Apalagi, pertumbuhan usaha PDAM beberapa tahun terakhir ini terus meningkat. Sebelum-sebelumnya, kata dia, PDAM Surya Sembada hanya tumbuh 2 persen per tahun.

"Tapi pertumbuhan usaha PDAM sejak tahun 2018, kita tumbuh mencapai 17 persen. Itu 9 kali lipatnya dari kemampuan kita sebelum-sebelumnya,” kata Mujiaman.

Selain itu, Mujiaman mengaku, sambungan meter juga terus dimaksimalkan. Jika sebelum-sebelumnya hanya mampu menyambungkan 8 ribu meter, maka tahun ini dibuktikan mampu menyambungkan hampir 15 ribu meter.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Terkini

Musim Hujan Tiba, Pohon di Surabaya Mulai Dipangkas

Kamis, 18 November 2021 | 17:19 WIB

Terbaru! Info Vaksin Surabaya Selasa 16 November 2021

Selasa, 16 November 2021 | 08:47 WIB

Simak! 5 Spot Swafoto Instagramable di Surabaya

Selasa, 26 Oktober 2021 | 11:22 WIB
X