Lokasi RSLI Surabaya Akan Dijadikan Rumah Sakit Otak, Jantung dan Kanker

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 14:56 WIB
Nakes sedang merapikan tempat tidur di RSLI Surabaya.  (ayosurabaya/Praditya Fauzi Rahman)
Nakes sedang merapikan tempat tidur di RSLI Surabaya. (ayosurabaya/Praditya Fauzi Rahman)

Lokasi RSLI Akan Dijadikan Rumah Sakit Otak, Jantung dan Kanker

BUBUTAN, AYOSURABAYA.COM -- Selama dua pekan terakhir, Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya nihil pasien Covid-19. Selama itu pula, para dokter dan tenaga kesehatan rehat sekaligus melakukan evaluasi.

Dalam kesempatan lengang itu, Advisor Menkes untuk Rumah Sakit, Nizar Yamanie melakukan kroscek ke RSLI Surabaya. Kedatangannya untuk membicarakan wacana Kemenkes yang hendak mendirikan Rumah Sakit Pusat untuk Otak, Jantung, dan Kanker (RS Pusat OJK) di Surabaya.

Rencananya, RS Pusat OJK itu akan didirikan di lahan yang notabene digunakan sebagai RS Darurat Covid-19 di kawasan Surabaya Utara. Alasannya, lahan yang sebelumnya sempat digunakan sebagai Rumah Sakit Khusus Penyakit Kulit dan Kelamin itu merupakan aset Kemenkes di Kota Surabaya.

Baca Juga: Ini Gejala Keguguran Hamil, Ibu Hamil Wajib Kenali Gejalanya

Menurutnya, ada beberapa hal yang dijadikan pertimbangan pihaknya agar RS Pusat OJK bisa direalisasikan. Salah satunya adalah masih banyak orang memilih berobat ke luar negeri yang ternyata hal itu bisa dilakukan di Indonesia.

Ia menyebut, pengobatan ke luar negeri justru membuat biaya membengkak hingga triliunan rupiah. Maka dari itu, ia ingin agar ketahanan kesehatan nasional perlu ditingkatkan, termasuk di Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang selama ini kerap dijadikan rujukan layanan kesehatan sejumlah daerah di Indonesia bagian timur.

"Layanan RS Pusat OJK ini berkelas internasional, namun juga tetap merangkul dan melayani masyarakat luas," kata Nizar dalam keterangan tertulis, Kamis (14/10/2021).

Apabila terealisasi, Nizar berharap layanan penangan penderita gangguan kesehatan pada otak, jantung, hingga penderita kanker di Jatim dan Indonesia timur bisa segera terlayani dengan baik. Begitu juga dengan perputaran alokasi dana kesehatan agar tak lari ke luar negeri.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bacaan Doa Agar Turun Hujan Deras

Selasa, 26 Oktober 2021 | 12:32 WIB

Simak! 5 Spot Swafoto Instagramable di Surabaya

Selasa, 26 Oktober 2021 | 11:22 WIB

1.409 WNA Asal Tiongkok Tinggal di Jawa Timur

Senin, 25 Oktober 2021 | 14:41 WIB

Begini Cara Dapatkan BLT UMKM Bagi Warga Jawa Timur

Senin, 25 Oktober 2021 | 14:17 WIB

UMP Jawa Timur akan Dinaikan, Simak Penjelansannya

Senin, 25 Oktober 2021 | 13:23 WIB
X