Charlie Chaplin Pernah Singgah di Hotel Majapahit Surabaya

- Rabu, 15 September 2021 | 16:17 WIB
Foto kunjungan Charlie Chaplin ke Hotel Majapahit pada 1 April 1932.  (Dokumen Hotel Majapahit)
Foto kunjungan Charlie Chaplin ke Hotel Majapahit pada 1 April 1932. (Dokumen Hotel Majapahit)

GENTENG, AYOSURABAYA.COM - Beragam jenis tamu dari domestik mau pun mancanegara pernah singgah di Hotel Majapahit Surabaya. Termasuk Charles Spencer Chaplin atau yang dikenal dengan nama panggungnya, Charlie Chaplin.

Charlie Chaplin merupakan sutradara, komposer, dan pemeran film bisu. Bagi masyarakat Jadul (jaman dulu) atau pecinta komedian klasik, komedian film bisu asal London, Inggris itu dianggap menjadi ikon dunia melalui perannya sebagai 'Tramp'. Dia dinilai sebagai salah satu tokoh penting dalam sejarah industri perfilman dunia.

Di masa keemasannya ketika berkunjung ke Indonesia, Chaplin pernah singgah di Hotel Oranje (nama Hotel Majapahit sebelum kemerdekaan). Kehadirannya di Surabaya menjadi pemberitaan yang viral. Bahkan momen kunjungannya di Hotel Majapahit diabadikan dan dijadikan arsip oleh manajemen hotel.

Executive Assistant Manager Hotel Majapahit, Benny Wijaya, mengatakan Chaplin memang pernah menginap beberapa hari di Hotel Majapahit pada April 1932.

Pemberitaan dari surat kabat Het Vaderland saat Charlie Chaplin saat mengunjungi Hotel Majapahit. (Delpher)

Kala itu, Chaplin menjadi salah satu tamu istimewa ketika Hotel Yamato melakukan renovasi pada sisi Lobby. Kehadirannya saat itu tidak seorang diri, melainkan bersama rombongannya ketika hendak melakukan tour di Indonesia dan sejumlah negara lainnya.

"Tahun 1932, beliau (Chaplin) ikut meresmikan lobby. Saat itu, beliau datang bersama rombongannya dan tidak hanya stay di Surabaya, kemungkinan besar landingnya di Yogyakarta, saat itu namanya hotel Oranje," kata Benny kepada AyoSurabaya.com, Rabu (15/9/2021).

Entah kebetulan atau tidak, kehadiran Chaplin kala itu bertepatan dengan proses finishing Lobby Hotel Oranje. Dengan kehadirannya disana, kian melengkapi suasana hotel menjadi lebih semarak dan bersejarah.

"Charlie Chaplin saat itu pas ada inagurasi penyelesaian lobby," tuturnya

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Barca Seri Lagi, Tagar Koeman OUT Jadi Trending Topic

Jumat, 24 September 2021 | 12:11 WIB

Gelombang 22 Dibuka Kapan ?

Jumat, 24 September 2021 | 11:08 WIB

Jangan Lalai, Gelombang Ketiga Covid-19 Mengintai

Jumat, 24 September 2021 | 10:23 WIB

80 Pasien Covid-19 di RSLI Surabaya Dinyatakan Sembuh

Jumat, 24 September 2021 | 10:11 WIB
X