Status Zona Kota Pahlawan Turun Level, Kapan Tahura Dibuka?

- Selasa, 14 September 2021 | 19:00 WIB
Taman kota Balasklumprik (Alfian Yahya)
Taman kota Balasklumprik (Alfian Yahya)
GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Sejumlah taman di kota Surabaya akan dibuka menyusul pandemi yang menyusut. Namun pemerintah pusat meminta pengelola mempersiapkannya secara serius. 
 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Herlambang, mengatakan pihaknya hendak membuka sejumlah Taman Hutan Raya (Tahura) di kota pahlawan. Total, ada 12 Tahura yang berada dibawah naungan DKPP Surabaya.
 
"Tahura Lidah, Pakal, Jeruk, Lempung, Sumurwelut, Balasklumprik, sampai Kebun Raya Mangrove. Total ada 12 (Tahura)," kata Herlambang, Selasa (14/9/2021).
 
Herlambang menuturkan, pihaknya tak akan menggunakan aplikasi PeduliLindungi seperti halnya mal dan bioskop. Mengingat, peralatan dan SDM yang terbatas memaksa mereka kudu bekerja ekstra.
 
"Ndak punya (peralatan) kita, aplikasinya ate dipasang nandi (mau dipasang dimana), gak ada listriknya. Kita batasi prokesnya saja, nanti kita koordinasi juga dengan tim gugus Covid-19, apakah itu disyaratkan wajib atau tidak, kita kan ndak tahu," ujarnya.
 
Selama ini, yang telah dilakukan DKPP adalah menghitung presentase jumlah masuk. "Kita juga bingung, misalkan harus pakai hasil vaksin, kita kan gak tahu asli atau tidaknya. Selama ini prokesnya kita atur 25 sampai 50%," tuturnya.
 
Menurutnya, asesmen terus dilakukan bersama tim gugus tugas Covid-19. Selama ini, Herlambang mengaku telah melakukan hal tersebut. Lantas, bagaimana mekanismenya?
 
"Alat kita manual, jadi orang masuk dikasih nomor, kalau misalkan penuh ya kita tutup, karena memang Tahura kita manual dan sarana kita terbatas," katanya.
 
Meski begitu, ia mengaku tak ada durasi khusus kepada pengunjung. Asalkan, para pengunjung tidak bergerombol.
 
Herlambang mengaku, kedepannya akan berkoordinasi dengan Kominfo Surabaya. Pun dengan menanti SE dari Pemkot Surabaya.
 
"Nanti kita kedepannya seperti itu (menggandeng Kominfo), cuma nanti prioritas-prioritas kan, karena selama ini kan di dalam Tahura ada PKL'nya, jadi mereka ya berkah kalau dibuka, tapi tentunya kita atur pengunjung dan prokesnya. Yang penting, kita menunggu SE dari walikota dulu, karena kita mengikuti aturan, asesmen, dan gugus Covid-19, kita menunggu itu sebagai acuan," tutupnya.

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polrestabes Surabaya Buat Kampung Tangguh Zero Narkoba

Minggu, 26 September 2021 | 16:37 WIB

Barca Seri Lagi, Tagar Koeman OUT Jadi Trending Topic

Jumat, 24 September 2021 | 12:11 WIB

Gelombang 22 Dibuka Kapan ?

Jumat, 24 September 2021 | 11:08 WIB

Jangan Lalai, Gelombang Ketiga Covid-19 Mengintai

Jumat, 24 September 2021 | 10:23 WIB

80 Pasien Covid-19 di RSLI Surabaya Dinyatakan Sembuh

Jumat, 24 September 2021 | 10:11 WIB
X