Pemkot Sebut Pembukaan RHU di Surabaya Tergantung Inmendagri

- Senin, 13 September 2021 | 16:35 WIB
Ilustrasi tempat hiburan.  (Antoine Julien on Unsplash)
Ilustrasi tempat hiburan. (Antoine Julien on Unsplash)

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Kementerian Sosial dan Instruksi Menteri Dalam Negeri berbeda pendapat soal status zona Kota Surabaya. Kemensos RI menyatakan Surabaya sudah masuk level 2, sedangkan menurut Inmendagri masih level 3.

Hal itu membuat pemerintah kota Surabaya belum bisa memutuskan soal pembukaan Rekreasi Hiburan Umum (RHU).

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengatakan belum bisa memutuskan pembukaan RHU. Menurutnya, acuan atau aturan dari Inmendagri juga menjadi salah satu pertimbangan bagi Pemkot Surabaya.

"Kita ini PPKM level 3, meski asesmen level 2. Sebenarnya, RHU dibuka atau tidak itu tergantung dari levelnya (Inmendagri). Kami jalannya di Inmendagri. Tatanannya, jumlah berapa sudah diatur di Inmendagri," kata Eri, Senin (13/9/2021).

Alasan pihaknya mempertimbangkan hal itu lantaran dalam regulasi Inmendagri, ada aturan ihwal operasional RHU. Pun dengan teknis realisasi RHU.

Kendati sudah beroperasi pun, Eri berharap masyarakat tetap menerapkan prokes Covid-19 secara ketat. Begitu juga dengan para pengelola, untuk lebih tertib dan patuh selama beroperasi kelak.

"Semoga, level 2 (RHU) dibuka, ditata," ujarnya.

Sementara itu, Kapolrestabes Surabaya, Akhmad Yusep Gunawan menuturkan, rumah makan maupun RHU di kota Surabaya telah siap menyambut persiapan kelonggaran yang diberikan pada zona kuning pada level 2 dan 3 sesuai ketentuan Kemenkes dan aglomerasi Mendagri.

"Hal ini harus kita persiapkan bersama bahwa raihan dan capaian kondisi Surabaya yang semakin menguat menuju herd imnunity harus kita jaga bersama. Masyarakat Surabaya harus segera pulih untuk melakukan aktivitas sosial dan peningkatan pertumbuhan ekonomi," kata Yusep, Jumat (10/9/2021).

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polrestabes Surabaya Buat Kampung Tangguh Zero Narkoba

Minggu, 26 September 2021 | 16:37 WIB

Barca Seri Lagi, Tagar Koeman OUT Jadi Trending Topic

Jumat, 24 September 2021 | 12:11 WIB

Gelombang 22 Dibuka Kapan ?

Jumat, 24 September 2021 | 11:08 WIB

Jangan Lalai, Gelombang Ketiga Covid-19 Mengintai

Jumat, 24 September 2021 | 10:23 WIB

80 Pasien Covid-19 di RSLI Surabaya Dinyatakan Sembuh

Jumat, 24 September 2021 | 10:11 WIB
X