Jadwal Vaksinasi Dosis Kedua di Jatim Terlambat

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 12:49 WIB
Seorang warga mengikuti vaksinasi Covid-19. (Irfan Al Faritsi)
Seorang warga mengikuti vaksinasi Covid-19. (Irfan Al Faritsi)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Ketua Vaksinasi Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Timur, dr. Herlin Ferliana, menyatakan jadwal vaksinasi dosis kedua di Jatim terlambat karena jumlah vaksin dari Kementerian Kesehatan lebih sedikit dibanding kebutuhan.

Herlin mengatakan, Satgas Covid-19 Jawa Timur terus berkoordinasi dengan Kemenkes terkait pemenuhan vaksinasi dosis kedua bisa segera dilakukan  

"Karena vaksin ini hanya bisa didapat dari Kemenkes, maka kami terus koordinasi dengan Kemenkes untuk terus dikirim vaksin terutama untuk pemenuhan dosis kedua," jelasnya, Senin (2/8).

Herlin mengatakan, setiap ada distribusi vaksin ke Jatim, Satgas Covid-19 Jawa Timur akan langsung mengirimkan ke kabupaten/ kota untuk percepatan vaksinasi Covid-19. Satgas Covid-19 Jawa Timur mengimbau dinas kesehatan dan semua pelaksana vaksinasi memprioritaskan terlebih dahulu untuk sasaran dosis kedua. 

"Sedangkan untuk sasaran dosis pertama bersabar menunggu vaksin berikutnya yang Insya Allah bulan Agustus ini datang lebih banyak," kata Herlin.

Vaksinasi Jatim per 1 Agustus 2021 untuk dosis pertama sebanyak 7.630.509 orang. Sementara yang sudah mendapat dosis kedua baru 3.170.860 orang. Padahal, total sasaran vaksinasi Jatim mencapai 31.826.206 orang. Artinya capaian saat ini masih jauh dari target.

Ketersediaan Vaksin di Surabaya Kosong

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita mengakui, upaya Pemkot Surabaya mencapai target kekebalan kelompok terkendala stok vaksin yang terbatas. Bahkan, kata dia, hingga Senin (2/8), ketersediaan vaksin di Surabaya masih kosong, terutama jenis Sinovac. 

Febria mengaku, Dinkes Surabaya masih menunggu kedatangan vaksin dari pemerintah pusat. “Stoknya habis, kita masih menunggu dari pusat. Kita belum bisa melakukan vaksinasi dosis kedua karena memang stok vaksinnya kosong,” kata Febria.

Kendati demikian, Febria mengimbau masyarakat tidak khawatir terkait belum pastinya jadwal pelaksanaan vaksinasi dosis kedua untuk Sinovac di Kota Pahlawan. Ia memastikan, Pemkot Surabaya akan segera menggelar kembali vaksinasi dosis kedua apabila kiriman vaksin dari pemerintah pusat sudah diterima.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Gubernur Jatim Larang Ekspor Benih Porang

Jumat, 17 September 2021 | 14:19 WIB

Bersihkan Jatim dari Garong Uang Rakyat !

Kamis, 2 September 2021 | 10:30 WIB
X