Aplikasi Sayangpol Permudah Warga Ambil Barang Bukti di Surabaya

- Rabu, 28 Juli 2021 | 20:13 WIB
Tangkapan layar aplikasi SAYANGPOL di website resmi Kejari Tanjung Perak Surabaya, Rabu (28/7/2021).
Tangkapan layar aplikasi SAYANGPOL di website resmi Kejari Tanjung Perak Surabaya, Rabu (28/7/2021).

BUBUTAN, AYOSURABAYA.COM -- Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya membuat inovasi anyar. Terobosan yang dibuat kali ini dijuluki Sistem Pelayanan Barang Bukti Online (SAYANGPOL).

Kepala Kejari (Kajari) Tanjung Perak, I Ketut Kasna Dedi mengatakan, peluncuran aplikasi tersebut bertujuan untuk mempermudah masyarakat untuk mengambil barang bukti di kejaksaan. Mengingat, masa pandemi Covid-19 membuat beragam jenis pelayanan serba daring untuk meminimalisasi penularan Covid-19.

"Aplikasi ini memudahkan warga selama PPKM Level 4 ini," kata Kasna, Rabu (28/7/2021).

Proses atau mekanismenya rupanya cukup mudah. Ketika AyoSurabaya.com mencoba masuk ke website resmi Kejari Perak Surabaya, hanya perlu melakukan registrasi. Setelah itu, klik daftar atau unit barang bukti yang hendak diambil di 'ajukan pengembalian'. Sebelum registrasi, pemohon wajib tanya terlebih dulu di laman live chat yang tersedia di website Kejari Tanjung Perak. 

Setelah terverifikasi dan terkonfirmasi, masyarakat tak perlu mengambil barang bukti. Namun, petugas lah yang mengantar barang bukti ke alamat yang dituju. 

"(Pemohon) tak perlu kontak langsung, dengan syarat barang bukti itu sudah berkekuatan hukum tetap atau inkracht," ujarnya.

Sementara itu, warga Krembangan bernama Salsabila mengaku senang dengan adanya inovasi tersebut. Menurutnya, aplikasi itu sangat membantu ketika dirinya sedang melakukan Work From Home (WFH). 

"Mudah (alur dan penerimaan), tidak perlu mondar-mandir," tuturnya.

 

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

4136 SMA se-Jatim Sudah Gelar PTM 100 Persen

Selasa, 21 September 2021 | 10:34 WIB

BPBD Jatim Siapkan Tim untuk Antisipasi Bencana Banjir

Minggu, 19 September 2021 | 17:53 WIB

Gubernur Jatim Larang Ekspor Benih Porang

Jumat, 17 September 2021 | 14:19 WIB

Bersihkan Jatim dari Garong Uang Rakyat !

Kamis, 2 September 2021 | 10:30 WIB
X