Bikin Haru, Perjuangan Ani Menjadi Laki-laki Disahkan Pengadilan

- Jumat, 9 Juli 2021 | 15:59 WIB
Ani Khasanah berganti nama menjadi Anang Sutomo setelah pengadilan mengabulkan permohonannya (Suara.com)
Ani Khasanah berganti nama menjadi Anang Sutomo setelah pengadilan mengabulkan permohonannya (Suara.com)

KEDIRI, AYOSURABAYA.COM -- Perjuangan Anang Sutomo (21) selama beberapa tahun belakangan berbuah manis. Pria yang sebelumnya bernama Ani Khasanah tersebut tak kuasa menahan rasa haru sata hakim Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Kediri mengabulkan permohonan dirinya mengganti jenis kelamin.

Sebelumnya, warga Desa Selopanggung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri Jawa Timur ini bernama Ani Khasanah dengan jenis kelamin perempuan. Namun karena ada ketidaksempurnaan alat genetikalnya, Ia akhirnya melakukan operasi penyempurnaan alat kelaminnya itu menjadi laki-laki.

Dilansir dari Suara.com, Jumat 9 Juli 2021, Ani diketahui memiliki penis yang terlihat tidak sempurna saat dilahirkan. Orang tua Ani menganggap bahwa Ani adalah perempuan. Akhirnya orang tua menjadikan si anak ini sebagai perempuan.

Namun hingga seiring waktu, Ani tidak mengalami hal seperti wanita pada umumnya.

Ani misalnya, tidak mengalami menstruasi dan lebih senangbergaul dengan laki-laki dibanding perempuan. Oleh sebab itu kemudian Ia melakukan operasi dan mengajukan perubahan jenis kelamin ke pengadilan.

Setelah berjuang selama bertahun-tahun, akhirnya perubahan status jenis kelamin Ani dikabulkan oleh PN Kediri. PN mengabulkan permohonan Ani Khasanah mengganti status jenis kelaminnya menjadi laki-laki, Kamis (08/07/2021).

Bersamaan itu, Ani juga resmi mengubah namanya menjadi Anang Sutomo. Dalam sidang itu, Hakim Tunggal Andhika Budi Prasetyo menyetujui permohonan Ani untuk mengganti status jenis kelaminnya. Dalam sidang, Anang Sutomo didampingi orang tuanya bersama kuasa hukumnya.

Usai sidang, Ani yang sudah mengubah nama menjadi Anang mengaku senang karena statusnya sudah jelas dan mengucapkan berterima kasih kepada seluruh pihak terkait yang selama ini sudah membantunya.

"Saya tidak bisa membalas apapun dan semoga Allah SWT yang membalasnya," ucapnya dengan mata berkaca-kaca. Tak lupa Ia juga bersujud syukur atas putusan pengadilan itu.

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Terkini

Gubernur Jatim Larang Ekspor Benih Porang

Jumat, 17 September 2021 | 14:19 WIB

Bersihkan Jatim dari Garong Uang Rakyat !

Kamis, 2 September 2021 | 10:30 WIB
X