Artis Dangdut Koplo Jatim 'Sambat', Sepi Job selama Pandemi

- Minggu, 27 Juni 2021 | 15:46 WIB
Lala Widy dan para artis New Pallapa melakukan konser virtual via Youtube, Minggu 27 Juni 2021.
Lala Widy dan para artis New Pallapa melakukan konser virtual via Youtube, Minggu 27 Juni 2021.

TAMBAKSARI, AYOSURABAYA.COM - Para pelaku seni harus bersabar dan 'puasa' manggung selama pandemi Covid-19. Sebab, orderan manggung selama pagebluk ditiadakan, baik off air maupun live show.

Pun dengan para biduan dangdut di Jawa Timur (Jatim) yang mengaku kerap sepi order manggung. Kendati demikian, beberapa artis lokal mengaku tak mempermasalahkan hal tersebut lantaran bisa disiasati melalui daring.

Biduan asal Kabupaten Sidoarjo, Lala Widy mengakui bila job manggung dirinya berkurang. Namun, tak begitu signifikan.

"Kalau untuk berapa persen, bisa dibilang 20%," kata Lala, Minggu 27 Juni 2021. 

Lala mengaku, hal tersebut masih bisa disiasati dengan live streaming di Youtube, Instagram, hingga Tik Tok. Selain nyanyi, ia mengaku menyiasatinya lewat beragam endorse dan manggung di hajatan-hajatan kampung.

"Cuma lebih diganti ke live streaming, antisipasinya ya lewat live streaming itu. Kalau off air dari panggung ke panggung, dari 1 panggung ke panggung lain nggak seberapa," ujarnya.

Sementara itu, penyanyi Osing Banyuwangi, Ainur Rofiq Wandra Restusian mengatakan hal senada. Meski begitu, Wandra mengaku tetap bersyukur lantaran dirinya saat ini nge-Job bareng New Pallapa yang notabene menjadi Orkes Dangdut Koplo melegenda di Jatim dengan menggelar konser secara virtual.

Wandra mengungkapkan, dirinya senang bisa melestarikan budaya Jawa Timuran secara virtual selama pandemi Covid-19. Sebab, karyanya tetap bisa dinikmati oleh seluruh warga negara diluar Indonesia.

"Distribusinya tidak hanya di Jatim dan Indonesia, tapi juga luar negeri, itu adalah peluang kita mengenalkan lagu-lagu Jawa ke kancah internasional," tuturnya.

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Terkini

Gubernur Jatim Larang Ekspor Benih Porang

Jumat, 17 September 2021 | 14:19 WIB

Bersihkan Jatim dari Garong Uang Rakyat !

Kamis, 2 September 2021 | 10:30 WIB
X