Virus Corona B117 70 Kali Lebih Menular, Gubernur Minta Warga Jatim Tidak Lengah

- Kamis, 4 Maret 2021 | 17:28 WIB
Ilustrasi virus corona. (Arek Socha dari Pixabay )
Ilustrasi virus corona. (Arek Socha dari Pixabay )

 

BUBUTAN, AYOSURABAYA.COM -- Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meminta masyarakat agar tetap tenang terkait adanya temuan mutasi Virus Corona B117 UK. Meski tenang, ia juga meminta warga meningkatkan kewaspadaan. Sebab, virus jenis baru terbukti lebih menular 70% dibanding virus yang ada saat ini, yaitu SARS CoV-2 atau virus Corona. 

"Saat ini, mutasi virus Corona B117 UK sudah masuk ke Indonesia. Untuk itu, Pemprov Jatim dan masyarakat harus lebih waspada. Karena, mutasi virus ini terbukti lebih menular 70% dibanding yang saat ini beredar," kata Khofifah melalui keterangan tertulis yang diperoleh AyoSurabaya.com, Kamis (4/3/2021). 

AYO BACA : Ngaku Berpengetahuan Luas? Coba Ikuti Tes Kode Plat Mobil Ini

Khofifah menambahkan, hingga kini masih belum ditemukan mutasi B117 UK di Jatim. Kendati demikian, Pemprov Jatim akan terus berkoordinasi dengan laboratorium yang dapat melakukan sequencing (proses mengurutkan RNA Virus untuk mengetahui susunan aslinya) untuk selalu mengirimkan sampel. Dengan demikian, bilamana ada temuan mutasi di Jatim, dapat secepatnya dideteksi dan disampaikan ke khalayak. 

Berdasarkan penyampaian dari ahli, mutasi virus baru ini hanya dapat dideteksi alat PCR yang saat ini dimiliki laboratorium PCR di Indonesia. Mutasi virus B117 juga tak mengurangi efektifitas vaksin. Sehingga, tidak mengganggu program vaksinasi yang tengah berlangsung. 

"Masyarakat tak perlu khawatir, virus ini tetap bisa dideteksi dengan alat PCR yang saat ini sudah ada, juga tidak mengurangi efektifitas vaksin. Yang sudah terjadwal untuk vaksin bisa dilanjutkan proses vaksinnya," lanjutnya 

AYO BACA : 6 Tipe Pengendara Motor di Surabaya, Kamu Termasuk yang Mana?

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Meski begitu, Khofifah mengakui, masih ada keterbatasan untuk deteksi mutasi B117 UK. Berdasarkan informasi tim Satgas Covid-19 Jatim, jumlah alat sequencing yang ada masih terbatas. 

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Pandemi Melandai, Permintaan BBM di Jatim Naik 12%

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:52 WIB
X