Gubernur Khofifah Jajaki Peluang Kerja Sama dengan AS

- Rabu, 15 Januari 2020 | 19:37 WIB
Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur (Republika/Abdul Kodir)
Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur (Republika/Abdul Kodir)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur menawarkan berbagai peluang kerja sama di sektor ekonomi dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) kepada Amerika Serikat (AS).

Tawaran itu disampaikan Khofifah kepada Wakil Kepala Perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington, D.C, AS, Iwan Freddy Hari Susanto.

Khofifah menilai, kerja sama ini penting dilakukan, dalam rangka memperluas pangsa pasar dan memperkenalkan produk Jatim di AS, serta untuk penguatan bidang SDM. Khofifah mengungkapkan adanya peluang besar untuk memasarkan produk-produk asal Jatim di AS.

AYO BACA : Polda Jatim Sita 11 Kg Sabu Terbungkus Teh China

“Beliau sebelumnya telah mengikuti Rakor Dubes seluruh dunia. Sebagai arek asli Jatim beliau menyampaikan bahwa ada ruang cukup luas untuk produk-produk dari Jatim agar bisa semakin dikenalkan di pasar Amerika,” kata Khofifah, Rabu (15/1/2020).

Khofifah menjelaskan, beberapa produk yang berpotensi untuk dikerjasamakan yaitu footwear atau alas kaki, tekstil dan produk tekstil (TPT), furniture, dan perhiasan. Khusus untuk furniture dan perhiasan, kata dia, merupakan perluasan pangsa pasar, karena sebelumnya juga telah masuk ke sana. Selain itu, ada juga peluang bagi produk minapolitan, yakni udang.

Selain itu, Khofifah juga menawarkan kerja sama di bidang pendidikan dengan pemerintah AS. Khofifah juga mengharapkan adanya kerja sama berupa vocational training dan pertukaran pelajar (student exchange).

AYO BACA : Murid SD Ketahuan Ngelem, Risma Datangi Sekolah

“Kami harap ada penguatan kerja sama juga di bidang pendidikan, baik berupa beasiswa, vocational training, maupun pertukaran pelajar. Beasiswa apa saja yang bisa menaikkan ketrampilan kami harap bisa dilakukan," kata Khofifah.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Terkini

Pandemi Melandai, Permintaan BBM di Jatim Naik 12%

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:52 WIB
X