Mulai Hari Ini PPKM Diperlonggar, Makan Boleh di Tempat dan Toko Buka Hingga Jam 9 Malam

- Senin, 26 Juli 2021 | 04:43 WIB
Mulai 26 Juli  2021 PPKM Level 4 diperlonggar. ( Adismara Putri Pradiri on Unsplash)
Mulai 26 Juli 2021 PPKM Level 4 diperlonggar. ( Adismara Putri Pradiri on Unsplash)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Mulai hari ini Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 akan diperlonggar.  Pengunjung warung makan boleh makan di tempat maksimal 20 menit dan toko boleh buka hingga jam 9 malam.

Ketentuan tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat mengumumkan perpanjangan PPKM level 4 hingga 2 Agustus 2021. Hanya saja, presiden memilih melonggarkan beberapa aturan yang ada, khususnya yang berkaitan dengan aktivitas ekonomi skala kecil. 

"Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial saya memutuskan  melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 26 Juli sampai 2 Agustus 2021," jelas Presiden Jokowi dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Minggu (25/7).

AYO BACA : Cara Minum Air Putih yang Dianjurkan untuk Menurunkan Berat Badan

Jokowi menyebutkan sejumlah penyesuaian atau pelonggaran bertahap yang akan berlaku mulai Senin, 26 Juli 2021, antara lain:

  1. Pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan untuk buka seperti biasa dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. 
  2. Pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok sehari-hari bisa buka dengan kapasitas maksimum 50 persen, sampai pukul 15.00 sore.  "Di mana pengaturan lebih lanjut dilakukan oleh pemda," ujar Jokowi.
  3. Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha-usaha kecil lain yang sejenis diizinkan buka dengan prokes yang ketat sampai dengan pukul 21.00 malam. Pengaturan teknisnya diatur pemda.
  4. Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan prokes yang ketat, sampai pukul 20.00 dan maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit. 

Dia menegaskan hal-hal teknis dalam pelonggaran tersebut akan dijelaskan oleh menko dan menteri terkait.

Kendati demikian, Jokowi tetap meminta masyarakat berhati-hati dalam menyikapi tren perbaikan kasus Covid-19 saat ini. Masyarakat diminta tetap waspada, apalagi masih ada varian Delta yang terbukti lebih mudah menular. 

AYO BACA : Jika PPKM Darurat Berakhir: PTM di Jatim Hanya Dua Jam Perhari, Dua kali Sepekan

"Pertimbangan aspek kesehatan harus dihitung secara cermat dan pada saat yang sama, aspek sosial ekonomi masyarakat khususnya pemenuhan kebutuhan hidup sehari hari juga harus diprioritaskan," kata Jokowi. 

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

4 Cara Mengatasi Aplikasi PeduliLindungi yang Bermasalah

Selasa, 21 September 2021 | 09:00 WIB

8 Cara Mencairkan BLT UMKM Tanpa Antre

Senin, 20 September 2021 | 14:00 WIB

Kadin Jatim Surati Presiden Jokowi Soal Cukai Rokok

Jumat, 17 September 2021 | 19:56 WIB

Bagaimana Cara Agar Lolos Kartu Prakerja Gelombang 20 ?

Sabtu, 11 September 2021 | 09:14 WIB
X