PPKM Level 4 Diperpanjang Hingga 2 Agustus, Toko Boleh Buka Hingga Pukul 9 Malam

- Minggu, 25 Juli 2021 | 20:34 WIB
Presiden Indonesia, Joko Widodo. (@jokowi)
Presiden Indonesia, Joko Widodo. (@jokowi)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Presiden Joko Widodo memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 hingga 2 Agustus 2021. Hanya, presiden memilih melonggarkan beberapa aturan yang ada, khususnya yang berkaitan dengan aktivitas ekonomi skala kecil. 

"Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial saya memutuskan  melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 26 Juli sampai 2 Agustus 2021," kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Minggu (25/7).

Salah satu pelonggaran yang akan berlaku mulai Senin, 26 Juli 2021, adalah toko diperbolehkan buka hingga pukul 9 malam namun dengan syarat menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

"Hal-hal teknis lainnya akan dijelaskan oleh menko dan menteri terkait," kata Jokowi. 

AYO BACA : Cara Minum Air Putih yang Dianjurkan untuk Menurunkan Berat Badan

Demi mengurangi beban masyarakat yang terdampak sejumlah pembatasan kegiatan selama ini, Jokowi melanjutkan, pemerintah juga meningkatkan penyaluran bantuan sosial. Bansos akan diberikan kepada warga yang terdampak dan pelaku UKM. 

"Penjelasan secara terperinci akan dilakukan oleh menko atau menteri terkait," kata Jokowi. 

Covid-19 Menurun

Dalam paparan awalnya, Presiden Jokowi menyampaikan terima kasihnya kepada rakyat Indonesia yang mau memahami dan mendukung pelaksanaan PPKM darurat dan PPKM level 4 yang berlangsung sejak 3 Juli 2021. 

Jokowi mengeklaim pelaksanaan berbagai pembatasan selama ini telah memberikan hasil positif berupa perbaikan tren kasus Covid-19. "Laju penambahan kasus, BOR, dan positivity rate mulai menunjukkan tren penurunan seperti yang terjadi di beberapa provinsi di Jawa," kata Jokowi. 

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

4 Cara Mengatasi Aplikasi PeduliLindungi yang Bermasalah

Selasa, 21 September 2021 | 09:00 WIB

8 Cara Mencairkan BLT UMKM Tanpa Antre

Senin, 20 September 2021 | 14:00 WIB

Kadin Jatim Surati Presiden Jokowi Soal Cukai Rokok

Jumat, 17 September 2021 | 19:56 WIB

Bagaimana Cara Agar Lolos Kartu Prakerja Gelombang 20 ?

Sabtu, 11 September 2021 | 09:14 WIB
X