Oksigen dan Tabungnya Langka, Pemerintah Disomasi Warga

- Minggu, 25 Juli 2021 | 17:00 WIB
Ilustrasi tabung oksigen. (Samuel Ramos/Unsplash)
Ilustrasi tabung oksigen. (Samuel Ramos/Unsplash)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Koalisi Warga Untuk Hak Atas Kesehatan yang diwakili oleh 107 organisasi menyerukan somasi kepada pemerintah terkait masih adanya kelangkaan oksigen. Oksigen tabung menjadi salah satu hal yang krusial di tengah peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia.

Perwakilan dari LBH Masyarakat, Afif Abdul Qoyim mengatakan, masih banyak pasien Covid-19 yang melakukan perawatan mandiri dan tidak tertolong. 

"Kejadian tragis di hilir ini mengedepankan pengobatan untuk kebutuhan. Kebutuhan ketersediaan oksigen dan obat-obatan merupakan elemen penting bagi pasien Covid-19," kata Afif, dalam telekonferensi, Ahad (25/7).

AYO BACA : Cara Minum Air Putih yang Dianjurkan untuk Menurunkan Berat Badan

Sementara itu, Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Asfinawati menilai, pemerintah tidak siap dalam memitigasi adanya varian delta pada Mei 2021. Padahal, di saat yang sama India sudah mengalami krisis akibat Covid-19 varian Delta yang meningkat secara drastis dalam waktu singkat.

Asfinawati mengatakan, pada saat itu pemerintah justru mengimpor tabung oksigen. Menurut dia, hal ini menunjukkan pemerintah tidak bersiap melakukan mitigasi adanya bencana non alam. Sementara itu, masih ada warga India yang boleh masuk ke Indonesia.

"Ada Keppres yang menyatakan situasi kita sekarang bencana non alam. Penanggulangan bencana yang memberikan kewajiban pemerintah tidak hanya saat terjadi bencana, tapi juga sebelum bencana. Kesiapsiagaan itu macam-macam, termasuk menyiapkan bahan, termasuk oksigen pastinya," kata Asfinawati.

AYO BACA : Jika PPKM Darurat Berakhir: PTM di Jatim Hanya Dua Jam Perhari, Dua kali Sepekan

Pada saat ini, ketidaksiapan pemerintah terlihat dari kelangkaan oksigen di masyarakat. Mengingat Covid-19 adalah penyakit yang mengganggu pernapasan, mestinya sejak awal pemerintah menyiapkan oksigen dengan baik.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

4 Cara Mengatasi Aplikasi PeduliLindungi yang Bermasalah

Selasa, 21 September 2021 | 09:00 WIB

8 Cara Mencairkan BLT UMKM Tanpa Antre

Senin, 20 September 2021 | 14:00 WIB

Kadin Jatim Surati Presiden Jokowi Soal Cukai Rokok

Jumat, 17 September 2021 | 19:56 WIB

Bagaimana Cara Agar Lolos Kartu Prakerja Gelombang 20 ?

Sabtu, 11 September 2021 | 09:14 WIB
X