Benarkah Semua Pemilik E-KTP Dapat Bantuan Rp3,5 Juta dari Pemerintah?

- Sabtu, 24 Juli 2021 | 16:28 WIB
Awas hoaks semua pemilik E-KTP dapat bantuan Rp3,5 juta dari pemerintah. Cek faktanya di sini. (Turnbackhoax.id)
Awas hoaks semua pemilik E-KTP dapat bantuan Rp3,5 juta dari pemerintah. Cek faktanya di sini. (Turnbackhoax.id)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Benarkah semua pemilik E-KTP dapat bantuan Rp3,5 juta dari pemerintah? Hal itu seiring beredarnya unggahan artikel di Facebook tentang bantuan tersebut.

Artikel yang beredar tersebut salah satunya diunggah akun Facebook Viva Hoshi dengan judul “Bantuan Uang Tunai Rp 3,5 Juta Disalurkan Pemerintah, Syaratnya Cukup Siapkan KTP”. Adapun keterangan yang ditambahkan sesuai dengan judul artikel tersebut.

AYO BACA : CARA CEK NAMA PENERIMA BANSOS KEMENSOS JULI Rp 600 Ribu di cekbansos.kemensos.go.id

Setelah ditelusuri oleh Aisyah Adilah, Anggota Komisariat MAFINDO Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Jakarta, faktanya tidak semua pemilik E-KTP dapat bantuan Rp3,5 juta.

Adapun bantuan Rp3,5 juta itu ditujukan bagi para pengusaha Program Keluarga Harapan (PKH) yang mengalami kesulitan selama pandemi Covid-19.

AYO BACA : Daftar 8 Bumbu Masak Populer Ini Mengandung Babi?

Bantuan tersebut bisa diperoleh dengan mendaftar melalui dtks.kemensos.go.id. Setelah itu, para pendaftar diseleksi. Bagi bagi yang lolos seleksi, mereka akan masuk dalam Kelompok Penerima Manfaat atau KPM PKH Graduasi. KPM PKH Graduasi yang terseleksi akan mendapatkan pendampingan dan bantuan sosial insentif modal usaha sebesar Rp3,5 juta/KPM.

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi agar mendapatkan bantuan modal kewirausahaan sosial KPM PKH, yaitu merupakan warga miskin atau rentan miskin, anggota KPM PKH yang telah digraduasi, dan memiliki usaha.

Dengan begitu, klaim mengenai pemilik E-KTP yang mendapatkan bantuan dana Rp3,5 juta termasuk hoaks dengan kategori konten yang salah.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

4 Cara Mengatasi Aplikasi PeduliLindungi yang Bermasalah

Selasa, 21 September 2021 | 09:00 WIB

8 Cara Mencairkan BLT UMKM Tanpa Antre

Senin, 20 September 2021 | 14:00 WIB

Kadin Jatim Surati Presiden Jokowi Soal Cukai Rokok

Jumat, 17 September 2021 | 19:56 WIB

Bagaimana Cara Agar Lolos Kartu Prakerja Gelombang 20 ?

Sabtu, 11 September 2021 | 09:14 WIB
X