Dokter Sebut Anak yang Positif Covid-19 Bisa Didampingi, Ini Syaratnya

- Sabtu, 17 Juli 2021 | 13:52 WIB
Ilustrasi pencegahan covid-19 pada anak (Pixabay)
Ilustrasi pencegahan covid-19 pada anak (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Infeksi kasus Covid-19 tidak hanya menyerang usia tertentu, ataupun orang dengan komorbid. Mulai dari bayi, anak-anak hingga orang lajut usia tidak luput dari serangan Covid-19.

Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), dr Cynthia Rindang mengatakan, pada kasus anak-anak, gejala dari infeksi yang dihasilkan mungkin tidak signifikan. Namun, hal tersebut tidak mengurangi tingkat penularan virus tersebut kepada orang lain.

“Anak-anak yang terinfeksi walaupun tanpa gejala secara signifikan, tetap bisa berpotensi untuk menularkan virus pada orang lain. Ini yang harus diwaspadai,” ungkap dr Cynthia dalam webinar bertajuk ‘Covid-19 Pada Anak dan Penanganannya’, sebagaimana dilansir dari Republika, Sabtu 17 Juli 2021. 

Namun, kini orang tua tidak perlu khawatir lagi karena orang tua boleh mendampingi anak yang dinyatakan positif Covid-19. Asalkan jika kondisi anak dengan gejala ringan, dan kondisi orang tua pun harus dalam keadaan fit.

Dr Cynthia membolehkan orang tua untuk mendampingi anak yang positif Covid-19. Protokol kesehatan harus dijaga ketat seperti memakai masker dan rajin mencuci tangan.

“Anak akan lebih bahagia jika didampingi orang tua, beri dukungan positif,” ungkap dr Cynthia lagi.

Usahakan ketika tidur, orang tua dan anak harus tetap berjarak karena saat tidur tidak mungkin memakai masker. Sediakan juga termometer agar bisa mengecek suhu tubuh anak secara berkala, lalu sediakan paracetamol untuk meredakan demam.

Untuk konsumsi vitamin, tetap harus dikonsultasikan dulu dengan dokter karena anak tidak bisa sembarangan diberi vitamin atau obat dosis tinggi.

Untuk pencegahan, pastikan berada di ruangan dengan ventilasi bagus. Kalau ventilasinya kurang bagus, jangan sampai lepas masker sama sekali, pakai dengan benar.

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Terkini

Kadin Jatim Surati Presiden Jokowi Soal Cukai Rokok

Jumat, 17 September 2021 | 19:56 WIB

Bagaimana Cara Agar Lolos Kartu Prakerja Gelombang 20 ?

Sabtu, 11 September 2021 | 09:14 WIB

Tepis Kabar Koma, Megawati Muncul ke Depan Publik

Jumat, 10 September 2021 | 15:59 WIB

Megawati Dirawat di RSPP ?

Kamis, 9 September 2021 | 13:52 WIB
X