Simak Gejala Anak Terinfeksi COVID-19 Varian Delta

- Selasa, 13 Juli 2021 | 08:48 WIB
Ilustrasi pencegahan covid-19 pada anak (Pixabay)
Ilustrasi pencegahan covid-19 pada anak (Pixabay)

 

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM-- COVID-19 varian Delta saat ini telah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Anak-anak tidak menjadi pengecualian dari kemungkinan infeksi varian ini.

"Saat ini, COVID-19 varian Delta menjadi kekhawatiran besarkarena dengan mudah bisa menginfeksi anak-anak," ungkap Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Kalimantan Barat dr Rifka, MM sebagaimana dilansir dari Republika, Selasa 13 Juli 2021. 

Dia menjelaskan COVID-19 varian Delta diyakini memiliki kemampuan untuk menginfeksi anak dengan lebih kuat. Hal ini berkaitan dengan mekanisme perlindungan kekebalan silang yang disebabkan coronavirus,. Awalnya kategori anak lebih terlindung justru kini menjadi kurang terlindungi terhadap varian baru (increased susceptibility in children).

"Untuk itu, perlu pencegahan yang maksimal, termasuk menggunakan masker yang tepat dan benar, dan yang terpenting tidak membiarkan anak-anak keluar rumah jika tidak darurat," kata Rifka.

Ia menambahkan para orangtua harus belajar untuk mengenali gejala COVID-19 pada anak. Gejalanya adalah seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, sakit kepala, mual/muntah, diare, lemas dan sesak nafas. 

Gejala lainnya, seperti anak jadi banyak tidur, napas cepat, ada cekungan dada, hidung kembang kempis, saturasi oksigen kurang dari 95 persen. Selanjutnya, mata merah, ruam, leher bengkak, demam lebih dari tujuh hari, kejang, tidak bisa makan dan minum, mata cekung, dan terjadi penurunan kesadaran.

Alat yang perlu disediakan di rumah ketika isolasi mandiri seperti termometer (pengukur suhu) dan oxymeter (alat pengukur saturasi dan nadi). Lalu obat-obatan antara lain, obat demam, multivitamin, zinc, dan vitamin D.

"Tentu semua ini diberikan setelah dilakukan pemeriksaan dokter. Jangan sembarangan mengkonsumsi obat apalagi anak-anak karena harus ada dosis khusus sesuai berat badan," kata Rifka.

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Terkini

Kadin Jatim Surati Presiden Jokowi Soal Cukai Rokok

Jumat, 17 September 2021 | 19:56 WIB

Bagaimana Cara Agar Lolos Kartu Prakerja Gelombang 20 ?

Sabtu, 11 September 2021 | 09:14 WIB

Tepis Kabar Koma, Megawati Muncul ke Depan Publik

Jumat, 10 September 2021 | 15:59 WIB

Megawati Dirawat di RSPP ?

Kamis, 9 September 2021 | 13:52 WIB
X