Bansos Tunai Sudah Cair, Cek di kemensos.go.id Apakah Anda Sudah Menerimanya ?

- Rabu, 7 Juli 2021 | 07:45 WIB
Menko PMK mengatakan bansos tunai secara bertahap sudah dikirim ke rekening KPM. ( Mohamad Trilaksono dari Pixabay )
Menko PMK mengatakan bansos tunai secara bertahap sudah dikirim ke rekening KPM. ( Mohamad Trilaksono dari Pixabay )

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengeklaim, pemerintah mulai menyalurkan bantuan sosial (bansos) tunai bagi 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Bantuan itu diberikan kepada keluarga yang perekonomiannya rentan terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. 

Menurut Muhadjir, bansos tunai secara bertahap sudah dikirim ke rekening KPM melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). "Sedangkan yang melalui PT Pos juga sudah mulai ada pengantaran uang langsung kepada keluarga penerima manfaat," kata Muhadjir dalam siaran pers, Selasa (6/7). 

Muhadjir optimistis penyaluran bantuan sosial semasa PPKM Darurat bisa berjalan lebih baik dibanding pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahun lalu. Hal ini karena Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dinilai sudah diverifikasi.

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan akan terus mempercepat pencairan bansos bagi masyarakat. Ia kembali menjelaskan, bansos pada Mei dan Juni akan diberikan sekaligus sebesar Rp 600 ribu. "Tapi, saya minta jangan di-'ijonkan'. Ini hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok,” kata Risma.

Risma mengakui, data penerima bansos sempat terkendala oleh bank. Hal ini karena nama yang tercantum pada data bank tidak persis sama dengan data milik Kementerian Sosial yang sudah padan dengan nomor induk kependudukan (NIK).

Cara Mengecek Bansos

Kementerian Sosial menargetkan penyaluran bantuan sosial tunai kepada 17.496.185 keluarga penerima manfaat (KPM) hingga akhir Maret 2021.

AYO BACA : Zona Merah di Jatim Bertambah dari 3 Menjadi 20, Ini Daftarnya

"Total akumulasi penyaluran akan mencapai 17.496.185 KPM, termasuk pembayaran April yang dipercepat," ujar Dirjen Penanganan Fakir Miskin (PFM), Kemensos, Asep Sasa Purnama, beberapa waktu lalu.

Diketahui, bansos tunai Kemensos tahun 2021 disalurkan pemerintah untuk membantu meringankan biaya kebutuhan hidup masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Cara Daftar BLT UMKM Online Pakai HP, Gampang!

Selasa, 19 Oktober 2021 | 22:10 WIB

Deddy Cobuzier Akan Pindah Warga Negara, Kenapa ?

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 08:54 WIB

PON XX Papua Berakhir, Jatim Tempati Peringkat 3

Jumat, 15 Oktober 2021 | 19:18 WIB

5 Penyesalan Tak Ikut Pelatihan Kartu Prakerja

Jumat, 15 Oktober 2021 | 12:57 WIB
X