6 Cara untuk Mencegah Akun WhatsApp Anda Dibajak

- Senin, 28 Juni 2021 | 12:19 WIB
Ilustrasi WhatsApp. (antonbe dari Pixabay)
Ilustrasi WhatsApp. (antonbe dari Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Pada awal Maret silam akun WhatsApp Kapolres Bangka Tengah AKBP Slamet Ady Purnomo dibajak orang tidak dikenal untuk kepentingan penipuan dengan modus meminjam sejumlah uang.

Purnomo mengatakan kepada siapa pun yang mendapatkan chat WA atas namanya, itu bukan berasal darinya tapi dari peretas 

Ia menjelaskan bahwa modus penipuan dengan bahasa meminjam uang tersebut berawal dirinya mendapat pesan elektronik untuk mengaktivasikan kembali akun WA. 

"Saat saya ikuti perintah oke, muncul kode dan kode tersebut dimasukkan ke dalam aktivasi. Setelah dimasukkan kode tersebut ke dalam aktivasi, akun WhatsApp langsung berpindah dengan nomor telepon dan profil akun langsung lengket kepada orang tidak dikenal tersebut," ujarnya.

Modus demikian, kata dia, digunakan orang tidak dikenal dengan memakai nomor telepon dan profil akun WA dirinya buat melakukan penipuan meminjam uang."Pelaku berhubungan dengan orang lain atas nama saya karena akunWA lengkap dengan foto profil sudah mereka bajak dan dikuasai," ujarnya.

Ia mengimbau kepada siapa saja untuk lebih hati-hati modus penipuan dengan membajak akun WA.

"Saya saat mengetahui akun saya dibajak, langsung saya telepon sejumlah orang untuk tidak percaya dengan pesan WhatsApp mengatasnamakan dirinya karena itu tidak benar dan murni penipuan," ujarnya.

6 Cara untuk Mencegah Akun WhatsApp Anda Dibajak 

Dilansir laman Cyclonis, berikut 6 hal agar Akun WhatsApp Anda tidak dibajak 

1. Selalu keluar dari semua perangkat yang Anda lihat terdaftar di bawah WhatsApp Web. Itu akan mencegah peretas membaca pesan Anda lagi. Lakukan ini sesering mungkin untuk keamanan yang optimal.
2. Jangan pernah meninggalkan ponsel Anda tanpa pengawasan. Jika tidak bersama Anda karena suatu alasan, pastikan terkunci rapat dengan kode sandi, PIN, biometrik, dll.
3. Kunci semua aplikasi Anda dari pihak ketiga agar tidak mengakses ponsel Anda.
4. Aktifkan verifikasi dua langkah di pengaturan Akun WhatsApp. Ini akan menambahkan lapisan perlindungan lain ke data Anda.
5. Jangan pernah menghubungkan ponsel Anda ke koneksi Wi-Fi yang tidak dikenal. Peretas sering membonceng koneksi publik. Dengan cara tertentu, mereka dapat mengakses semua obrolan WhatsApp Anda.
6. Jika WhatsApp Anda telah diretas, nonaktifkan akun Anda dengan mengirim email ke support@whatsapp.com. Akun akan otomatis terhapus jika tidak diakses selama 30 hari ke depan.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Kadin Jatim Surati Presiden Jokowi Soal Cukai Rokok

Jumat, 17 September 2021 | 19:56 WIB

Bagaimana Cara Agar Lolos Kartu Prakerja Gelombang 20 ?

Sabtu, 11 September 2021 | 09:14 WIB

Tepis Kabar Koma, Megawati Muncul ke Depan Publik

Jumat, 10 September 2021 | 15:59 WIB

Megawati Dirawat di RSPP ?

Kamis, 9 September 2021 | 13:52 WIB
X