5 Pernikahan yang Hukumnya Haram, Termasuk Kawin Kontrak

- Sabtu, 13 Maret 2021 | 07:30 WIB
[Ilustrasi] Meski pernikahan memiliki banyak keutamaan, namun tidak semua pernikahan dalam Islam adalah halal. Terdapat sejumlah pernikahan yang hukumnya haram. (Pixabay)
[Ilustrasi] Meski pernikahan memiliki banyak keutamaan, namun tidak semua pernikahan dalam Islam adalah halal. Terdapat sejumlah pernikahan yang hukumnya haram. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM — Meski pernikahan memiliki banyak keutamaan, namun tidak semua pernikahan dalam Islam adalah halal. Terdapat sejumlah pernikahan yang hukumnya haram.

Terdapat banyak dalil landasan anjuran menikah antara lain firman Allah SWT QS An-Nisaa ayat tiga: “Nikahilah wanita-wanita (lainnya) yang kalian senangi, dua, tiga atau empat.” 

Syekh Kamil Muhammad Uwaidah dalam kitabnya Fiqih Wanita menyampaikan, meski nikah merupakan bagian dari syariat, namun Allah dan Rasulnya melarang pernikahan dalam 5 kondisi, antara lain nikah syighar, nikah mut'ah, nikah dengan wanita belum idah, nikah muhallil, nikah dengan yang menjalankan ihram.

 

Ustaz Abdul Somad Jelaskan 5 Penyesalan Orang Setelah Mati

Tiga Cara Cepat Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus Pengirim

Agar Diet Berhasil, Jangan Makan Keripik dan 3 Hal Ini Setelah Pukul 4 Sore!

 

1. Nikah syighar

Syekh Kamil menjelaskan nikah syighar yaitu seseorang menikahkan anak perempuannya dengan syarat orang yang menikahi anaknya itu juga menikahkan putri yang dia miliki dengannya. Baik itu dengan memberikan mas kawin bagi keduanya maupun salah satu darinya saja atau tidak memberikan mas kawin sama sekali. "Semuanya itu tidak dibenarkan menurut syariat Islam," katanya.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Cara Daftar BLT UMKM Online Pakai HP, Gampang!

Selasa, 19 Oktober 2021 | 22:10 WIB

Deddy Cobuzier Akan Pindah Warga Negara, Kenapa ?

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 08:54 WIB

PON XX Papua Berakhir, Jatim Tempati Peringkat 3

Jumat, 15 Oktober 2021 | 19:18 WIB

5 Penyesalan Tak Ikut Pelatihan Kartu Prakerja

Jumat, 15 Oktober 2021 | 12:57 WIB
X