Menerka Klausul Surat Perintah 11 Maret

- Kamis, 11 Maret 2021 | 10:09 WIB
Surat Perintah 11 MAret. (Arsip Nasional Republik Indonesia )
Surat Perintah 11 MAret. (Arsip Nasional Republik Indonesia )

GUBENG, AYOSURABAYA.COM -- Lahirnya Surat Perintah Sebelas Maret (Super Semar) merupakan salah satu peristiwa sejarah Indonesia.

Sejarahwan, Purnawan Basundara, mengatakan Supersemar lahir akibat kondisi politik yang memanas pada tahun 1965 tepatnya usai peristiwa 30 September.

"Nampaknya, dari peristiwa pemberontakan itu (G30SPKI), memang respons pemerintah yang dipimpin Presiden Soekarno terhadap pemberontakan itu cukup lamban," kata Purnawan kepada AyoSurabaya.com, Rabu (10/3/2021).

Kondisi saat itu bertambah buruk dengan perekonomina yang morat-marit. Hal itu memantik protes dari para mahasiswa, pelajar, dan masyarakat yang lain. 

AYO BACA : 4 Pelajaran Penting dari Isra Miraj

Aksi protes atu unjuk rasa terus berlangsung sampai pada bulan Maret 1966. Kemudian, munculaah inisiatif dari Soeharto yang pada waktu itu menjabat sebagai pimpinan tertinggi  militer Indonesia. Dia juga merupakan satu-satunya perwira berpangkat jenderal yang masih ada, setelah jenderal lainnya terbunuh dalam peristiwa 30 September. 

"Para jenderal saat itu, totalnya ada 7 jenderal, terbunuh pada G30SPKI, otomatis pucuk pimpinan angkatan darat waktu itu hanya ada di Bapak Soeharto," lanjutnya. 

Kemudian, penguasa wilayah Pangdam Jaya waktu itu yakni Brigjen Amir Mahmud mendapat pinta langsung dari Soeharto untuk meredakan kekacauan kala itu. Kondisi itu pun mendapat perhatian khusus oleh Soeharto dengan mengutus tiga jenderal, yakni Pangdam Jaya Brigjen Amir Mahmud, Menteri Perindustrian Brigjen M.Yusuf, dan Menteri Veteran Brigjen Basuki Rahmat untuk menghadap Presiden Soekarno.

Namun, tidak diketahui pasti apa isi pembicaraan dalam pertemuan super rahasia yang terjadi di Istana Bogor kala itu. Sampai pada akhirnya tercetuslah Super Semar yang kemudian diaplikasikan oleh Soeharto.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Kadin Jatim Surati Presiden Jokowi Soal Cukai Rokok

Jumat, 17 September 2021 | 19:56 WIB

Bagaimana Cara Agar Lolos Kartu Prakerja Gelombang 20 ?

Sabtu, 11 September 2021 | 09:14 WIB

Tepis Kabar Koma, Megawati Muncul ke Depan Publik

Jumat, 10 September 2021 | 15:59 WIB

Megawati Dirawat di RSPP ?

Kamis, 9 September 2021 | 13:52 WIB
X