Dukung Pariwisata Domestik, Garuda Indonesia Perketat Protokol Kesehatan Covid-19

- Senin, 16 November 2020 | 08:58 WIB
Pesawat Garuda Indonesia.(Garuda-indonesia.com)
Pesawat Garuda Indonesia.(Garuda-indonesia.com)

JAKARTA. AYOSURABAYA--Maskapai penerbangan Garuda Indonesia menyeriusi protokol kesehatan Covid-19 di dalam pesawat.

“Maaf, pak, tolong ya maskernya dipakai dengan benar. Jangan diturunkan ke dagu," ucap salah satu petugas di Terminal 3 Soekarno Hatta (Soetta) ketika menegur seorang penumpang.

Beginilah suasana pelayanan penerbangan di tengah pandemi Covid-19. Memasuki area remote 13 atau konter maskapai Garuda Indonesia, tampak penjagaan cukup ketat mulai nampak terlihat di sana, apalagi terkait protokol kesehatan Covid-19 kepada penumpang. Maskapai ini terlihat sangat serius dalam beradaptasi di tengah pandemi.

Ayojakarta (Grup AyoSurabaya) pada Jumat, 13 November 2020 berkesempatan terbang bersama maskapai bewarna ciri khas hijau toska ini. Perjalanan dimulai dari Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan menggunakan Kereta Api (KA) Bandara Railink tujuan Bandara Soetta, di Tangerang, Banten. Tiba di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Di sana melanjutkan perjalanan menuju bandara dengan menggunakan layanan shuttle bus gratis dengan titik pick up dan drop off point di Terminal 3 Gate 3 Keberangkatan.

Awal memasuki area konter maskapai Garuda Indonesia, memulai serangkaian proses pengecekan surat hasil rapid test penumpang. Tak hanya itu, di sekitar area konter juga banyak disediakan hand sanitizer, wastafel untuk cuci tangan dan pembatasan tempat duduk diterapkan di sana.

Memasuki bagian inti, mulai masuk kabin pesawat Garuda Indonesia tipe Airbus A330 dengan nomor penerbangan GA0423 tujuan Denpasar, Bali. Disambut ramah dengan pramugari dan pramugara yang bertugas. Dari pengamatan, tampak protokol kesehatan Covid-19 dalam hal menjaga jarak diterapkan di sana.

Contohnya, para awak kabin Garuda mengenakan alat pelindung diri (APD). Mulai dari masker, hingga sarung tangan bening, peralatan tersebut digunakan saat membereskan barang bawaan penumpang dan menutup bagasi barang di dalam kabin pesawat.

"Perlengkapan APD yang dikenakan para awak kabin untuk memberikan rasa aman dan nyaman saat berinteraksi dengan penumpang," ujar Marketing Communication Garuda Indonesia, Teguh Iman Budiyatno saat ditemui, Jumat (13/11/2020).

Selain persiapan APD yang dikenakan para awak kabin, maskapai Garuda Indonesia juga dilengkapi Hepa Filter yang berfungsi untuk menyaring partikel kecil virus dan bakteri, bahkan yang terkecil antara 0,1 hingga 0,3 mikrofon dengan efisiensi hingga 99,995%.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Kadin Jatim Surati Presiden Jokowi Soal Cukai Rokok

Jumat, 17 September 2021 | 19:56 WIB

Bagaimana Cara Agar Lolos Kartu Prakerja Gelombang 20 ?

Sabtu, 11 September 2021 | 09:14 WIB

Tepis Kabar Koma, Megawati Muncul ke Depan Publik

Jumat, 10 September 2021 | 15:59 WIB

Megawati Dirawat di RSPP ?

Kamis, 9 September 2021 | 13:52 WIB
X