Harga Rumah Tahan Gempa Tipe 36 Antara Rp35 Juta Sampai Rp47 Juta

- Kamis, 8 Agustus 2019 | 19:04 WIB
Para pekerja sedang membangun rumah tahan gempa Risha. (https://eproduklitbang.pu.go.id/risha/)
Para pekerja sedang membangun rumah tahan gempa Risha. (https://eproduklitbang.pu.go.id/risha/)

Berapa harga rumah tahan gempa? Mahal! Sebenarnya harganya tidak mahal. Rumah tahan gempa tipe 36 berharga antara Rp35 juta sampai Rp47 juta.

BEKASI, AYOSURABAYA.COM— Rumah tahan gempa menjadi salah satu solusi mitigasi bencana di Indonesia. Negara rawan gempa lain seperti Jepang sudah mewajibkan warganya membuat bangunan seperti itu sejak puluhan tahun lalu.

“Tidak bisa tidak, solusinya membuat bangunan atau rumah tahan gempa. Kita bisa contoh Jepang. Ini bisa meminimalisir jumlah korban,” kata Daryono kepada ayobekasi.net, Kamis (8/8/2019).

Banyak yang beranggapan bahwa membuat rumah tahan gempa butuh biaya mahal. Logika sederhana saja, bahan-bahan bangunan yang biasa digunakan saat ini, tak lagi bisa dibilang murah. Apalagi bahan yang diklaim tahan gempa. Tapi, benarkah demikian?

Ditelisik ke situs resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), ternyata pembuatan rumah tahan gempa untuk tipe 36 misalnya, tidak sampai memakan ratusan juta Rupiah.

“Hanya sekitar Rp50 juta per unit tipe 36, sudah lengkap dengan kamar mandinya,” kata Kepala Pulitbang Perumahan dan Permukiman Kementerian PUPR Arief Sabaruddin seperti dikutip situs resmi Kementerian PUPR.

AYO BACA : Sampah Plastik dan Kegagalan Pemerintah Melindungi Hak Warga

AYO BACA: Keunggulan Padi Ratun: Sekali Tanam Bisa 5 Kali Panen

AYO BACA: Mahasiswa Untidar Ciptakan Algapatis untuk Membantu Petani

Kementerian PUPR melalui Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) menciptakan Risha yang merupakan kepanjangan dari rumah instan sederhana sehat. Baru diluncurkan akhir tahun 2018 lalu.

Halaman:

Editor: Rahim Asyik

Tags

Terkini

Samsung Galaxy Chromebook 2 Dibekali Layar QLED

Sabtu, 9 Januari 2021 | 11:40 WIB

Indonesia Bakal Miliki 6 Vaksin Merah Putih

Selasa, 27 Oktober 2020 | 15:30 WIB

Unpad Bidik Peringkat 500 Dunia: Bangun SDM Unggul

Rabu, 9 September 2020 | 17:40 WIB

Dokter: Diare Bisa Jadi Gejala Baru Infeksi Corona

Senin, 7 September 2020 | 22:37 WIB
X