Mengenal Masa Adven dan Cara Umat Katolik Menjalaninya

- Kamis, 25 November 2021 | 11:42 WIB
Ilustrasi lingkaran Adven.  (KaLisa Veer on Unsplash)
Ilustrasi lingkaran Adven. (KaLisa Veer on Unsplash)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Pada hari Minggu, 28 November 2021, umat Katolik di Indonesia akan memasuki masa Adven. Masa ini akan berakhir pada Jumat 24 Desember.

Lantas apa yang dimaksud masa Adven dan apa yang dilakukan oleh umat Katolik dalam masa tersebut.

Dikutip dari Katolisitas, masa Adven adalah masa persiapan menyambut peristiwa kelahiran Yesus Sang Putera. Kata “Adven” berasal dari kata “adventus” dari bahasa Latin, yang artinya “kedatangan”.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Ucapan Hari Guru Nasional 2021 yang Mudah dan Praktis dengan Canva

Masa Adven ini berkaitan dengan permenungan akan kedatangan Kristus.

Kristus memang telah datang ke dunia, Ia akan datang kembali di akhir zaman; namun Ia tidak pernah meninggalkan Gereja-Nya dan selalu hadir di tengah- tengah umat-Nya. Maka dikatakan bahwa peringatan Adven merupakan perayaan akan tiga hal: peringatan akan kedatangan Kristus yang pertama di dunia, kehadiran-Nya di tengah Gereja, dan penantian akan kedatangan-Nya kembali di akhir zaman. Maka kata “Adven” harus dimaknai dengan arti yang penuh, yaitu: dulu, sekarang dan di waktu yang akan datang.

Pada masa Adven, umat Katolik sering melakukan ulah kesalehan yang baik, yang berakar selama berabad-abad. Ulah kesalehan ini bertujuan untuk membantu mempersiapkan umat dalam menyambut kedatangan Sang Mesias. Ulah kesalehan ini juga mengingatkan umat Allah akan Kristus yang lahir dari Perawan Maria dengan begitu banyak kesulitan, yang akhirnya terlahir, namun terlahir di kandang, di tempat yang kurang layak. Mari sekarang kita membahas persiapan rohani yang terkait dengan masa Adven.

Baca Juga: Lirik dan Kunci Gitar Lagu Guruku Tersayang dari Melly Goeslaw

Hal utama yang dilakukan oleh umat Katolik di masa Adven ini adalah persiapan spiritual

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aborsi yang Diperbolehkan dalam Pandangan Islam

Senin, 6 Desember 2021 | 07:24 WIB
X