Sejarah Pemberontakan PKI Sudah Sejak Era Belanda Tahun 1926

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 21:41 WIB
Pemberontakan PKI Muso di Madiun sebagai Cikal Bakal Gerakan 30 September 1965. (dok. Kemdikbud)
Pemberontakan PKI Muso di Madiun sebagai Cikal Bakal Gerakan 30 September 1965. (dok. Kemdikbud)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Partai Komunis Indonesia (PKI) merupakan sebuah partai politik yang berperan dalam kemerdekaan Indonesia 1945. PKI bukanlah partai baru, karena telah ada sejak zaman pergerakan nasional sebelum dibekukan oleh pemerintah Hindia Belanda akibat memberontak pada tahun 1926.

Pemberontakan tersebut juga merupakan momen penting bagi kaum intelegensia dalam menentukan nasib bangsa Indonesia.

Dilansir dari Ayoindonesia.com--jaringan Ayosurabaya.com, cikal bakal PKI adalah Indische Sociaal-Democratische Vereeniging (ISDV) yang didirikan oleh Henk Sneevelt (orang Belanda) pada tahun 1914 di Semarang. Partai Komunis Indonesia didirikan tanggal 23 Mei 1920, diketuai oleh Semaun.

PKI melakukan perlawanan pertama dengan menggunakan kekuatan senjata tahun 1926. Perlawanan tahun 1926 kurang terkonsolidasi, sehingga justru menyebabkan tokoh-tokohnya ditangkap dan diasingkan ke luar negeri.

Baca Juga: Apakah Bank Syariah Riba? Simak Penjelasan Ulama

Sejak merdeka sampai awal tahun 1948, PKI masih bersikap mendukung pemerintah, yang kebetulan memang dikuasai oleh golongan kiri.

Hal ini terkait dengan Doktrin Dimitrov yang menyatakan bahwa gerakan komunis harus bekerja sama dengan kapitalis dalam rangka menghadapi kekuatan fasis.

Pada awal September 1948 pimpinan PKI dipegang Muso. Ia membawa berita bahwa Doktrin Dimitrov telah diganti dengan Doktrin Zhdanov dimana komunis harus bekerja sama dengan golongan nasionalis-progresif untuk menghadapi golongan kapitalis borjuis.

Pemerintah Indonesia telah melakukan upaya-upaya diplomasi dengan Muso, bahkan sampai mengikutsertakan tokoh-tokoh kiri yang lain, yaitu Tan Malaka, untuk meredam gerak ofensif PKI Muso.

Halaman:

Editor: Hartanto Ardi Saputra

Sumber: AyoIndonesia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hujan dan Angin Kencang Merusak Situs Candi di Malang

Selasa, 26 Oktober 2021 | 14:36 WIB

Situs Nonton Anime dari One Piece, Gundam dan Boruto

Senin, 25 Oktober 2021 | 09:49 WIB
X