Faisal Basri: Sampai Kiamat Proyek Kereta Cepat Tak Balik Modal

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 21:53 WIB
Kereta Cepat Jakarta-Bandung  , yang merupakan bagian proyek PT KCIC, dibangun dengan menggunakan beragam teknologi canggih. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Kereta Cepat Jakarta-Bandung , yang merupakan bagian proyek PT KCIC, dibangun dengan menggunakan beragam teknologi canggih. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Ekonom senior Faisal Basri menilai proyek kereta cepat Jakarta-Bandung menghamburkan anggaran negara. Menurutnya, sampai kiamat proyek kereta cepat tak balik modal.

Melansir dari Suara.com--jaringan Ayosurabaya.com, masyarakat juga akan mengeluarkan ongkos yang besar untuk naik kereta cepat tersebut.

"Sebentar lagi rakyat membayar kereta cepat, yang barangkali ongkosnya Rp 400 ribu sekali jalan, dan diperkirakan sampai kiamat pun tidak balik modal," ujar Faisal dalam diskusi online, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga: Apa yang Terjadi saat Wanita Orgasme? Ini Penjelasan Ilmiyahnya

Menurut Faisal, sebenarnya proyek kereta cepat ini beberapa kali ditolak dalam rapat koordinasi pemerintah. Selain itu proyek tersebut juga ditolak oleh beberapa konsultan asing.

Hanya saja, lanjutnya, terdapat menteri yang ngotot untuk tetap menjalankan proyek, sehingga sampai sekarang proyek dijalankan.

"Boston Consulting Group ini dibayar Bappenas bekerja untuk dua minggu senilai 150 ribu dolar AS, menolak dua proposal (proyek kereta cepat Jakarta - Bandung. Tapi Rini Soemarno (Menteri BUMN saat itu) yang berjuang (agar proyek kereta cepat berjalan). Menteri lainnya banyak menolak, tapi Rini ngotot," tutur Faisal.

Baca Juga: Squid Game Memecahkan Rekor di Netflix 111 Juta Kali Ditonton

Faisal menilai, proyek kereta cepat juga secara tidak karuan, sebab awalnya dengan skema business to business, tapi akhirnya menggunakan dana APBN.

Halaman:

Editor: Hartanto Ardi Saputra

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Daftar BLT UMKM Online Pakai HP, Gampang!

Selasa, 19 Oktober 2021 | 22:10 WIB

Deddy Cobuzier Akan Pindah Warga Negara, Kenapa ?

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 08:54 WIB

PON XX Papua Berakhir, Jatim Tempati Peringkat 3

Jumat, 15 Oktober 2021 | 19:18 WIB

5 Penyesalan Tak Ikut Pelatihan Kartu Prakerja

Jumat, 15 Oktober 2021 | 12:57 WIB
X