Menkes Ungkap Asal Muasal Varian Delta Masuk ke Indonesia

- Senin, 13 September 2021 | 16:17 WIB
Ilustrasi -- Varian Delta. (Pixabay)
Ilustrasi -- Varian Delta. (Pixabay)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengungkapkan asal muasal varian Delta masuk ke Indonesia.

Seperti yang disampaikan Satuan Tugas Covid-19, hampir 76 persen kasus terinfeksi Covid-19 di Indonesia didominasi virus varian Delta. Varian Delta dapat lebih cepat menular dan memiliki daya tembus yang kuat sehingga dapat mempercepat persebaran virus.

Budi menjelaskan Indonesia kebobolan masuknya varian delta lewat pintu-pintu masuk internasional via laut.

"Perlu disadari, pintu masuk kemarin pada delta kemarin kebobolan. Makanya, kita lupa menjaga dari sisi lautnya," jelas Budi seperti diwartakan oleh Republika dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Senin (13/9).

Dari pintu masuk tersebut, Budi mengatakan, banyak kapal yang berasal dari India. Ia mengatakan, mereka diizinkan mendarat di pelabuhan, tanpa adanya proses karantina seperti yang dilakukan di bandara-bandara.

"Kita perlu perhatikan dengan ketat testing pintu masuk darat dan laut yang menjadi tempat banyak traffic-nya," ujar Budi.

Saat ini, ia menjelaskan, pengawasan yang relatif baik hanya terjadi di pintu masuk via udara, seperti bandara. Karena itu, pemerintah akan terus memperbaiki penjagaan di pintu masuk via darat dan laut.

"Untuk darat di Kupang, Morotai, dan Kaltara banyak masuk dari Malaysia. Dari laut banyak yang harus kita perbaiki khususnya di Batam, pernah masuk dari Brunei," ujar Budi.

Penjagaan tersebut dilakukan juga untuk mencegah masuknya tiga varian baru Covid-19, yakni lambda, Mu, dan C.1.2. Hingga saat ini, Kemenkes belum menemukan ketiga varian tersebut di Indonesia.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Alasan Berpindah dari Tv Analog ke Digital

Sabtu, 25 September 2021 | 13:37 WIB

4 Cara Mengatasi Aplikasi PeduliLindungi yang Bermasalah

Selasa, 21 September 2021 | 09:00 WIB

8 Cara Mencairkan BLT UMKM Tanpa Antre

Senin, 20 September 2021 | 14:00 WIB

Kadin Jatim Surati Presiden Jokowi Soal Cukai Rokok

Jumat, 17 September 2021 | 19:56 WIB
X