7 Cara Mengatasi Kulit Gatal secara Alami dan 5 Penyebabnya

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 22:03 WIB
Ada cara mengatasi kulit gatal secara alami yang bisa Anda coba, mulai dari menggunakan lidah buaya hingga kompres air dingin.  (Pixabay/dragana991)
Ada cara mengatasi kulit gatal secara alami yang bisa Anda coba, mulai dari menggunakan lidah buaya hingga kompres air dingin. (Pixabay/dragana991)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Ada cara mengatasi kulit gatal secara alami yang bisa Anda coba, mulai dari menggunakan lidah buaya hingga kompres air dingin.

Gatal pada kulit bisa disebabkan karena alergi, gigitan serangga, atau penyakit lainnya.

Gatal bisa menyerang seluruh bagian tubuh manusia. Gejala yang ditimbulkan, seperti munculnya ruam di kulit, bentol kemerahan, kulit kering dan bersisik.

Rasa gatal akan makin menjadi-jadi bila digaruk. Lalu, akan menimbulkan luka atau infeksi baru pada bagian kulit yang lain.

Oleh karena itu, agar gatal tidak menjalar ke seluruh tubuh, berikut cara mengatasinya.

Cara mengatasi kulit gatal yang perlu Anda ketahui:

1. Lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami untuk mengatasi gatal pada kulit. Lidah buaya direkomendasikan untuk mengatasi masalah gatal karena bersifat antimikroba dan antiinflamasi.

Cara penggunaannya, oleskan gel lidah buaya ke area yang gatal. Gel tersebut akan memberikan efek pendingin.

2. Mandi dengan oatmeal

Dilansir dari laman halodoc, oatmeal yang satu ini bukan oatmeal yang biasa dimakan, tapi oatmeal kaloid yang terbuat dari oat yang sudah dihaluskan dan biasanya digunakan dalam bentuk sabun dan losion.

Jika susah mencarinya, Anda bisa menggunakan gandum yang sudah digiling menjadi bubuk halus.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

X