5 Obat Batuk Alami dan Cara Membuatnya, Jahe hingga Air Garam

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 10:10 WIB
Sedikitnya ada 5 obat batuk alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi batuk yang tak kunjung sembuh dan menyebabkan rasa gatal di tenggorokan.  (Pixabay/Joseph Mucira)
Sedikitnya ada 5 obat batuk alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi batuk yang tak kunjung sembuh dan menyebabkan rasa gatal di tenggorokan. (Pixabay/Joseph Mucira)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Sedikitnya ada 5 obat batuk alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi batuk yang tak kunjung sembuh dan menyebabkan rasa gatal di tenggorokan. Cara membuatnya pun mudah.

Batuk adalah respons alami tubuh sebagai sistem pertahanan untuk mengeluarkan zat dan partikel dalam saluran pernapasan, serta mencegah benda asing masuk ke saluran napas bawah.

Tenggorokan dan saluran napas dilengkapi saraf yang dapat merasakan zat pengganggu, kemudian saraf ini mengirim sinyal pada otak yang direspons dengan mengirim kembali sinyal agar mengeluarkan zat tersebut dengan batuk.

Kondisi batuk ini biasanya terjadi sesekali. Anda juga perlu waspada jika batuk terus-menerus serta bergejala seperti demam dan dahak berwarna atau berdarah.

Selain pengobatan medis, terdapat beberapa obat batuk alami dan tradisional yang bisa Anda coba konsumsi.

5 Obat Batuk Alami dan Tradisional dan Cara Membuatnya

Dikutip dari Medical NewsToday, berikut ini beberapa obat batuk tradisional yang dapat Anda buat:

  • Jahe Merah

Jahe merah (Zingiber officinale) memiliki sifat antivirus, jamur, dan racun.

Menurut National Center for Biotechnologi Information (NCBI) National Library of Medicine dan NIH, jahe memiliki zat antiinflamasi (peradangan) dan antioksidan baik.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

X