5 Obat Alami Sakit Gigi, Manjur

- Jumat, 30 Juli 2021 | 21:55 WIB
Ada 5 obat alami sakit gigi yang bisa Anda buat di rumah. ( Enis Yavuz on Unsplash)
Ada 5 obat alami sakit gigi yang bisa Anda buat di rumah. ( Enis Yavuz on Unsplash)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Terdapat 5 obat alami sakit gigi yang dapat ditemukan di rumah. Anda hanya perlu memanfaatkan beberapa bahan, lalu menjadikannya sebagai obat pertolongan pertama untuk mengatasi sakit gigi.

Dikutip dari alodokter Sakit gigi ditandai dengan munculnya rasa nyeri di dalam atau di sekitar gigi. Sakit gigi bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kerusakan gigi, tumbuh gigi, gigi bengkak, infeksi pada gusi, infeksi sinusitis, cedera, fraktur gigi, hingga tambalan gigi yang rusak.

5 Obat Alami Sakit Gigi 

Sakit gigi tidak hanya ditandai dengan munculnya rasa nyeri, tapi juga bisa disertai dengan gejala lain, seperti sakit kepala, gigi bengkak, sensitif terhadap panas dan dingin, hingga perdarahan pada gigi.

Sakit gigi bisa diatasi dengan beragam cara, salah satunya adalah dengan menggunakan obat sakit gigi alami yang mudah didapat di rumah. Bahan alami yang bisa dimanfaatkan antara lain:

1. Garam
Anda bisa menjadikan garam sebagai obat sakit gigi. Caranya mudah, cukup campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat lalu gunakan sebagai obat kumur. Air garam dapat menjadi disinfektan alami untuk mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut.

Berkumur menggunakan air garam juga bisa membantu membuang sisa makanan dan kotoran yang menempel di antara gigi.

2. Minyak cengkeh
Obat sakit gigi alami berikutnya adalah minyak cengkeh. Minyak cengkeh efektif meredakan rasa sakit, mengurangi peradangan, dan mengandung senyawa kimia eugenol yang merupakan antiseptik alami.

Untuk menjadikannya sebagai obat sakit gigi, Anda dapat mencampurkan 3 tetes minyak cengkeh dengan 1/4 sendok teh minyak zaitun. Kemudian, masukkan kapas dan biarkan minyak menyerap ke dalam kapas. Lalu, taruh kapas tersebut di gigi yang sakit.

Selain dengan cara itu, Anda bisa meneteskan 1 minyak cengkeh ke segelas air dan menjadikannya sebagai obat kumur. Minyak cengkeh biasanya tersedia di toko obat. Walaupun tidak dapat dikatakan efektif menghilangkan sakit gigi, cara ini dipercaya mampu mengurangi nyeri.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

X