7 Rekomendasi Makanan Ringan untuk Diet yang Mengenyangkan

- Jumat, 30 Juli 2021 | 09:37 WIB
Pisang rebus merupakan 7 rekomendasi makanan ringan untuk diet yang mengenyangkan. ( pisauikan dari Pixabay)
Pisang rebus merupakan 7 rekomendasi makanan ringan untuk diet yang mengenyangkan. ( pisauikan dari Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- 7 rekomendasi makanan ringan untuk diet yang mengenyangkan ini bisa Anda coba untuk mendapatkan berat dan bentuk tubuh yang ideal.

Melakukan diet bukan berarti dilarang makan. Namun hanya perlu mengatur pola asupan makanan saja. Asupan makanan tentu tidak boleh melebihi dari jumlah kalori yang dikonsumsi setiap harinya. Sering kali hal ini membuat Anda gelisah. Banyak makanan enak, namun Anda tidak boleh memakannya. 

Tapi Anda tidak perlu khawatir, sebab masih ada makanan ringan yang cukup mengenyangkan serta tidak mengganggu diet yang sedang dijalankan. Lalu, apa saja rekomendasi makanan ringan untuk diet yang mengenyangkan?

Berikut adalah 7 rekomendasi makanan ringan untuk diet yang mengenyangkan:

1. Keripik Apel
Buah Apel tergolong rendah kalori, kaya akan serat dan memiliki asupan air. Buah Apel juga kaya akan antioksidan yang mampu mencegah kenaikan berat badan. Anda mampu menikmati makanan ringan untuk diet dengan bahan dasar buah apel, baik diolah menjadi keripik dengan cara di oven, ataupun masih keadaan buah segar.

2. Pisang rebus
Pisang mengandung vitamin A, B, C, dan kalsium. Melansir dari Alodokter.com ternyata salah satu jenis pisang yaitu pisang kepok mengandung karbohidrat kompleks yang lebih sehat dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sehingga, Anda mampu menurunkan berat badan tanpa rasa lapar berlebih.

3. Alpukat
Alpukat dapat menjadi sumber lemak sehat bagi tubuh Anda. Selain itu, alpukat juga kaya akan serat, kalium, dan fitokimia. Orang yang suka makan alpukat cenderung memiliki BMI (Body Mass Index) lebih rendah sehingga berat badan ideal, dan lingkar pinggang kecil.

4. Oatmeal
Oatmeal bukan sekadar pengganti nasi, sebab oatmeal ini mampu mengontrol rasa lapar berlebih. Dengan mengolah granola, apel, dan sedikit yogurt oatmeal dapat menjadi makanan ringan untuk diet yang tepat di sore hari sembari menunggu waktu makan malam tiba. Namun, walaupun oatmeal kaya akan nutrisi dan serat jangan keseringan makan oatmeal, sebab oatmeal ini memiliki efek samping pada tubuh.

5. Kacang-kacangan
Kacang kaya akan protein, serat, dan lemak sehat dalam jumlah seimbang. Hal tersebut, mampu menjadi alternatif sebagai makanan ringan untuk diet. Jenis kacang kacangan untuk menurunkan berat badan, juga perlu Anda konsumsi sebagai camilan tanpa mengganggu program diet. Salah satu jenis tersebut yaitu Almond yang dapat meningkatkan kesehatan metabolisme dan menurunkan berat badan. Selain itu, almond mengandung protein nabati yang tinggi. 1 genggam kacang almond dapat membuat Anda merasakan kenyang lebih lama.

6. Keripik Sayur
Anda mampu membuat keripik sayur sendiri di rumah, dengan menggunakan minyak zaitun yang memiliki nutrisi lebih baik dibanding minyak biasa. Sayur yang dapat Anda gunakan seperti kale, kangkung, dan bayam. Nantinya, sayur tersebut dipercikan minyak zaitun terlebih dahulu dan langsung di Oven.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

X